PMI Provinsi Gorontalo Satu-satunya di Wilayah Timur yang Diberi Alat PCR dari Korsel

DM1.CO.ID, MAKASSAR: Satu-satunya Palang Merah Indonesia (PMI) di wilayah Timur yang mendapat bantuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Korea Selatan (Korsel), yakni hanya PMI Provinsi Gorontalo.

Ada 9 pihak atau lembaga yang diundang untuk menerima bantuan alat PCR tersebut. Yaitu, Gubernur Sulawesi Barat, Ketua PMI Provinsi Gorontalo, Bupati Barru, Bupati Sidrap, Bupati Pinrang, Wali Kota Pare-pare, Bupati Gowa, Direktur Utama Rumah Sakit dr. Wahidin Sudirohusodo, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGMP) Unhas.

Acara penyerahan alat PCR tersebut dilakukan secara simbolis melalui  PT. Langit Pandu Anugrah, sebagai perusahaan Principle Mico Biomed, di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), pada Kamis (4/11/2021).

Penyerahan alat ini dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Hasanuddin  Makassar, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, kepada sembilan pihak atau lembaga/institusi tersebut.

Ishak Liputo selaku Ketua PMI Provinsi Gorontalo pada kesempatan itu mengatakan, mendapatkan alat PCR ini merupakan kebanggaan tersendiri, karena satu-satunya PMI di wilayah Timur hanya PMI Provinsi Gorontalo yang terpilih.

Dan menurut Ishak Liputo, dipilihnya PMI Provinsi Gorontalo adalah tidak terlepas dari perjuangan atau komunikasi lobi-lobi dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie selaku Pelindung PMI Provinsi Gorontalo.

Ishak Liputo menyebutkan, nantinya alat PCR ini akan digunakan oleh PMI Provinsi Gorontalo kerja sama dengan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Gorontalo, yakni untuk membantu kelancaran pemeriksaan Covid19, sehingga mempermudah penanganan pandemi Covid19.

“Jadi satu kebanggaan kami adalah kami satu-satunya PMI di wilayah Timur Indonesia yang mendapat alat PCR tersebut. Alat ini dari Korea Selatan melalui perusahaan Principle Mico Biomed, PT. Langit Pandu Anugrah. Dan alat ini akan kami gunakan untuk membantu pemerintah dalam hal pemeriksaan Covid19 di Gorontalo,” tutur Ishak Liputo. (dms/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

463 views

Next Post

Sabtu Malam, Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Bolsel: Getaran Kuat Terasa Hingga ke Gorontalo

Sab Nov 6 , 2021
DM1.CO.ID, GORONTALO: Sabtu malam tadi (6/11/2021) pukul 22.37:37 WITA, Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diguncang gempa bumi Magnitudo 6,2. Komentar anda :