Perumda MT Kota Gorontalo Naikkan Tarif Air, Ini Pertimbangannya

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Kamis (16 Mei 2024), Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum “Muara Tirta” (MT) Kota Gorontalo, di Aula Banthayo lo Yiladia, menggelar sosialisasi penyesuaian tarif baru air minum.

Pada kesempatan itu, Marten Taha selaku Wali Kota Gorontalo dalam sambutannya menyampaikan sejumlah pertimbangan, yang menjadi alasan hingga dilakukannya penyesuaian tarif baru air minum oleh Perumda Muara Tirta.

Yakni di antaranya, kata Marten, adalah sulitnya menekan biaya operasional dan pemeliharaan yang makin tinggi seiring dengan upaya peningkatan kualitas layanan, serta pengembangan infrastruktur.

Olehnya itu, menurut Marten, penyesuaian tarif baru air minum pun sulit dihindari. “Keputusan ini tidak diambil dengan mudah, tetapi melalui pertimbangan yang matang dan kajian yang komprehensif,” jelas Marten juga bertindak sebagai Kuasa Pemilik Modal di Perumda Air Minum MT Kota Gorontalo.

Untuk diketahui, tarif yang berlaku sebelumnya selama ini adalah diterapkan sejak 2019. Padahal sebetulnya, kata Marten, jika ingin mengacu pada Permendagri, maka penyesuaian tarif sesungguhnya dapat dilakukan setiap tahun, namun nanti kali ini (2024) lagi pihak Perumda MT melakukan penyesuaian tarif baru.

Di tempat yang sama, Lucky Paudi selaku direktur Perumda MT mengatakan, pihaknya membuka diri kepada seluruh masyarakat dalam memberi masukan maupun saran untuk peningkatan kualitas layanan terkait penyesuaian tarif baru tersebut.

“Kami tidak bisa berbuat banyak tanpa adanya dukungan dan kerja sama dari seluruh masyarakat, terutama pelanggan. Dan setelah ini, kami akan menjalankan komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas dalam pemenuhan air yang lebih bersih dan aman bagi masyarakat,” ujar Lucky.

Atas penyesuaian tarif baru tersebut, sejumlah masyarakat pun memberikan pandangannya. “Penyesuaian atau kenaikan tarif baru air minum seperti ini memang tak dipungkiri akan memunculkan pro dan kontra. Tetapi itu hal biasa,” ujar Ichsan Naway, Ketua LSM JIS-Care Provinsi Gorontalo.

Penyesuaian tarif baru air minum yang sedang disosialisasikan oleh Perumda MT, menurut Ichsan, itu wajar dan sah-sah saja. “Sepanjang kenaikan tarif ini bisa memberi dampak positif dan manfaat besar bagi masyarakat, maka saya kira itu masyarakat juga pasti tidak akan mempermasalahkannya,” jelas Ichsan.

Namun ia berharap, agar sosialisasi penyesuaian tarif baru ini tidak hanya dilaksanakan di aula Banthayo lo Yiladia, namun sangat perlu dilakukan oleh pihak Perumda MT di seluruh kecamatan dengan melibatkan media-media informasi yang ada di Kota Gorontalo ini.

—–

Berita ini juga dapat disimak versi video, berikut di bawah ini:

(dms-dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

725 views

Next Post

Bertekad Sukseskan Pilkada Serentak 2024, KPU Prov Gorontalo Rangkul Sejumlah Media

Sen Mei 20 , 2024
DM1.CO.ID, GORONTALO: Sebagai salah satu upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Gorontalo 2024, maka peran media pemberitaan sangat dibutuhkan, terutama dalam hal penyebaran informasi ke seluruh masyarakat hingga ke daerah-daerah terpencil. Komentar anda :