Penutupan HUT-RI ke-78 & Perpisahan Mahasiswa KKN-UNG di Desa Molamahu Berlangsung Haru

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Seluruh pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tingkat Desa Molamahu, dinyatakan berakhir dan ditutup secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) setempat dalam acara penutupan yang diselenggarakan pada Jumat (1/9/2023).

Meski berlangsung dengan suka-cita, namun momen pelaksanaan acara penutupan tersebut juga sempat diwarnai dengan isak tangis haru. Sebab, pada acara penutupan kegiatan perayaan HUT-Proklamasi RI itu juga sekaligus merupakan acara perpisahan dari para mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang telah menuntaskan kegiatan KKN-Tematik di Desa Molamahu, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Erwis Tumuhulawa selaku Kades Molamahu menyatakan, acara penutupan kegiatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 ini dapat diselenggarakan di atas panggung kesenian berkat inisiatif dan prakarsa dari para mahasiswa tersebut, bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Molamahu.

Kades Erwis mengatakan, Mahasiswa UNG melaksanakan KKN Tematik di Desa Molamahu ini selama 45 hari atau dimulai pada 17 Juli hingga 2 September 2023. “Alhamdulillah, para adik-adik mahasiswa ini bisa beradaptasi dan berbaur dengan baik bersama warga di desa ini,” ujar Kades Erwis.

Sebab, lanjut Kades Erwis, para mahasiswa selama ini mampu memperlihatkan sikap dan juga kesan yang baik bagi warga di Desa Molamahu. “Mereka selalu menjadi partner kerja yang baik bagi karang taruna maupun aparat Desa Molamahu. Sehingganya, pada acara penutupan kegiatan HUT Proklamasi RI ke-78 yang dirangkai dengan pelepasan atau perpisahan mereka pastilah bikin hati jadi terharu dan sedih,” ungkap Kades Erwis.

Sekalipun keberadaan para mahasiswa ini terbilang cukup singkat, namun menurut Kades Erwis, ada dampak dan juga pengaruh positif yang cukup baik bagi warga Desa Molamahu. “Mereka senantiasa menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat bersama warga, khususnya dengan karang taruna,” tutu Kades Erwis.

Pada momen acara perpisahan tersebut, Kades Erwis pun menyampaikan harapannya kepada para Mahasiswa UNG yang telah menunaikan KKN Tematik di Desa Molamahu, hendaknya tetap bersemangat dan berupaya untuk menjadi generasi berprestasi yang tangguh. “Mari kita mengisi kemerdekaan negara ini  dengan gerakan-gerakan pembangunan yang dapat bermanfaat untuk kemajuan daerah kita masing-masing, bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ajak Kades Erwis.

Acara penutupan HUT Kemerdekaan RI yang dirangkai dengan perpisahan Mahasiswa KKN Tematik-UNG yang mengusung tema: “Menumbuhkembangkan Rasa Kekeluargaan dan Jiwa Sportivitas antar sesama Masyarakat Desa Molamahu” itu, juga diwarnai dengan penyerahan hadiah-hadiah kepada para pemenangan lomba semarak Dirgahayu RI ke-78. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

40 views

Next Post

Tak Lagi Biayai Anak, Oknum Pejabat ini akan Diadukan Mantan Istri ke Penjagub Gorontalo

Rab Sep 6 , 2023
DM1.CO.ID, GORONTALO: Masih ingat dengan peristiwa perselingkuhan “belah durian” yang diwarnai  penggerebekan Kadis Kominfo Provinsi Gorontalo bernama “Masbro” (nama samaran) atau berinisial MR, yang saat itu diduga sedang melakukan perbuatan asusila bersama istri orang, pada Sabtu tengah malam (6 Februari 2021), di sebuah rumah yang terletak di salah satu sudut […]