Pameran HGK PKK ke-49, Istri Gubernur Sultra Cicipi Produk Khas Koltim

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Dalam rangka memperingati Hari Gerak Kesatuan (HGK) PKK ke-49, Tim Penggerak Pemberdayaan & Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan sejumlah lomba, di antaranya pameran dan fashion show.
Pameran yang dibuka langsung  oleh Ketua TP-PKK Sultra, Agista Ariani Ali Mazi, itu digelar sejak Rabu hingga Kamis (17-18/3/2021) di hotel Claro Kendari. Dan kegiatan ini berlangsung sangat ketat, yakni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Para peserta maupun  tamu undangan disarankan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker serta melalui pemeriksaan rapid-tes.
Agista Ariani membeberkan, pameran dan lomba fashion show ini diikuti oleh semua TP-PKK dari kabupaten/kota se-Sultra. Dan para peserta lomba akan memakai pakaian adat atau tenun dari masing-masing daerah.
“Selain menampilkan ciri khas, fashion show juga menjadi ajang promosi dari masing-masing daerah,” ujar Agista, saat membuka sejumlah kegiatan dalam acara HGK-PKK ke-49 tersebut, Rabu (17/3/2021) di Hotel Claro, Kendari.
Pada event tersebut, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) turut andil dan mengambil bagian sebagai salah satu peserta. Dan pada kegiatan ini, Koltim menampilkan olahan lokal seperti keripik tempe, gula merah dan kain tenun khas Koltim.
Mengetahui hal itu, Agista ketika menyempatkan berkunjung ke stand pameran Wonua Sorume (milik Koltim), tampak sangat mengapresiasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) TP-PKK Koltim tersebut. Ia bahkan terkesima dan mencicipi produk unik yang ditampilkan tim penggerak PKK Koltim.
Sementara itu, Hj Diana Samsul Bahri selaku Ketua TP-PKK Koltim mengatakan, produk unik yang disajikan di stand pameran ini merupakan produk-produk buatan asli Kolaka Timur yang dikerjakan para ibu-ibu PKK yang ada di desa dan kelurahan.
Diana pun berharap, produk-produk lokal tersebut ke depan akan lebih ditingkatkan, sehingga bisa menopang perekonomian masyarakat.
Sedangkan untuk lomba fashion show, Diana mengaku siap secara lahir batin berlaga di lomba dengan menampilkan ciri khas daerah Koltim, yakni kain tenun.
“Semoga Koltim menjadi yang terbaik di antara para peserta lomba fashion show tingkat provinsi kali ini,” harap istri orang nomor satu di Koltim tersebut.

Pada momen HGK-PKK ke-49 itu juga salah satunya menggelar rangkaian kegiatan berupa Seminar diversifikasi pangan lokal dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi keluarga di masa pandemi Covid19.
Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh TP-PKK Koltim ini, tentu saja sejalan dengan keinginan Bupati Koltim, Samsul Bahri Madjid ketika memberi pemaparan dalam Musrenbang 2022. “Program kegiatan strategis yang diharapkan antara lain, peningkatan produktivitas masyarakat dari sektor pertanian, perkebunan, penguatan UMKM dan peningkatan ekonomi masyarakat.
Bahkan Bupati Samsul menegaskan, pentingnya membangun sinkronisasi dan sinergitas, sehingga mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah (lokal) serta dapat menjawab kebutuhan mendesak di tahun 2022. (rul/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

14 views

Next Post

Menuju Lomba Tingkat Kabupaten, TP-PKK Desa Molamahu Ditunjuk Wakili Kecamatan Bone

Kam Mar 18 , 2021
DM1.CO.ID, BONE-BOLANGO: Pada Selasa (16/3/2021), tim dari Pemerintah Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango,  melangsungkan kunjungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke Desa Molamahu. Komentar anda :