Memikul Cita-cita di Pundak, Rachmat Gobel Boyong Elite Prefektur Ehime ke Gorontalo

DM1.CO.ID, GORONTALO: Tak terhitung berapa banyak sudah air mata kesusahan di pipi rakyat yang telah diusap. Juga entah berapa kali sudah mengulurkan kepedulian untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Kini, butiran keringat ketulusan untuk membangun negeri ini, khususnya untuk kemajuan Provinsi Gorontalo, lagi-lagi terlihat menetes di pori-pori pengabdian Rachmat Gobel.

Kali ini, Wakil Ketua DPR-RI ini seakan tanpa mengenal lelah memikul cita-cita di pundaknya, memboyong sejumlah elite dari Negeri Matahari Terbit, Prefektur Ehime, Jepang, langsung ke Provinsi Gorontalo.

Tak tanggung-tanggung, Rachmat Gobel berhasil mendatangkan rombongan dari Prefektur Ehime, tercatat sebanyak 37 orang yang terdiri dari pejabat, pengusaha, akademisi dan profesi. Yakni, Mr. Tokihiro Nakamura (Gubernur Ehime); Mr. Hiroshi Watanabe (Ketua DPRD Ehime); Mr. Takagaki Hiroki (Sekretaris Gubernur Ehime); Mr. Marui Tsuyoshi (Sekretaris Ketua DPRD Ehime); Mr. Yuhiko Matsuda (Direktur Departemen Ekonomi dan Tenaga Kerja Pemerintah Ehime); Mr. Yasuo Ouchi (Manajer Divisi Kebijakan Industri Pemerintah Ehime); Mr. Yoshioka Koji, Mr. Omori Shohei, dan Mr. Yoshino Yuzo (masing-masing dari Divisi Kebijakan Industri Pemerintah Ehime).

Dalam rombongan itu juga terlihat Mr. Yuji Takahashi (Ketua Kamar Dagang dan Industri Ehime, MIURA Co.Ltd); Mr. Masazumi Sakawa (Ketua Komite Internasional, Kamar Dagang dan Industri Ehime/Presiden, Sawawa Printing CO.LTD); Mr. Teruhiko Kadoya (Wakil Ketua Komite Internasional, Kamar Dagang dan Industri Ehime/Presiden, Kadoyaagumi Co.Ltd); Mr. Kotoki Fukui (Direktur Pelaksana Kamar Dagang dan Industri Ehime); Mr. Hirohisa Senba (Direktur Pelaksana IYO Bank, Ltd); Mr. Muneo Tsubouchi (Direktur Pelaksana Senior, Ehime Bank, Ltd);  Mr. Kazuhiko Miyake (Pejabat Eksekutif dan Manajer Umum Departemen Perencanaan dan Humas, Ehime Bank, Ltd).

Juga tampak Mr. Takefumi Kato (Manajer Cabang Kantor Ehime Bank, Ltd); Mr. Hidekazu Futagami (Direktur Eksekutif, Ehime Toyota Motor Corporation); Mr. Yoshimitsu Nakamura (Manajer, MIURA Co, Ltd); Iwata Yoshihiro (Presiden & Direktur Perwakilan, Aiken Kakokikk); Taniguchi Akira (Kepala Departemen Desain Teknik, Aiken Kakokikk); Syaikhl (Aiken Kakokikk); Mr. Suzuki Katsutoshi (Presiden Derektur PT. Daiki Axis Indonesia); Mr. Chikamoto Kazuhiko; Mr. Ishiguro Hidenori; Ms. Seki Kanako; Ms. Fitlia (masing-masing dari Japan Nus Co.Ltd).

Selain itu, juga tampak Mr. Yazaki Shinsuk (Asisten Manajer, Kanematsu Corporation); Ms. Shimagami Motoko (Guru Besar Universitas Ehime); Mr. Kasamatsu Hiroki (Asosiasi Guru Besar Universitas Ehime); Mr. Saito Kazuya (Presiden Direktur, PT. Panasonic Gobel Life Solutions Sales Indonesia); Mr. Matsumoto Wataru (Kepala Kantor Pusat Regional Asia Tenggara dan Oseania, Panasonic Solutions Thailand Co, Ltd); Mr. Nishio Hiroaki (Ehime Shinbun Co, Ltd); Mr. Kadota Shinji  (Japan Broadcasting Corporion NHK Biro Jakarta); Mr. Nomoto Takuya (Sekretaris Utama/Atase Lingkungan, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia); Ms. Kazuyo Suda (Penerjemah untuk Gubernur Ehime); Indori Afriani Yasin (Penerjemah untuk Ketua DPRD Ehime); dan Ms. Arita Emi (Fuji Travel Service).

Kedatangan rombongan Gubernur Ehime tersebut dikawal langsung oleh Rachmat Gobel dan disambut di Bandara Djalaluddin Gorontalo, pada Rabu pagi (18/1/2023) sekitar pukul 10.00 WITA. Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo, Hamka Hendra Noer bersama sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyempatkan diri hadir dalam penyambutan tamu dari Negeri Bunga Sakura tersebut.

Selain dalam rangka memperingati 65 tahun tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang yang telah terjalin dalam penandatanganan perjanjian perdamaian pada 20 Januari 1958, kunjungan rombongan Gubernur Ehime ke Gorontalo ini juga bermaksud untuk “menganyam” ataupun menjajaki peluang kerja sama di berbagai potensi bagi kedua negara atau daerah (Ehime-Gorontalo).

“Kebetulan Gubernur Ihime ini teman saya. Saya undang untuk datang ke Gorontalo. Tentunya kita berharap akan ada kerja sama-kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak. Setidaknya kita sudah tunjukan potensi-potensi yang ada di Gorontalo,” ujar Rachmat Gobel kepada sejumlah awak media, Rabu (18/12023), di VIP Bandara Djalaludin Gorontalo.

Sebagai putra Gorontalo yang memiliki posisi strategis dan juga kemampuan sebagai entrepreneur yang tak perlu diragukan, Rachmat Gobel benar-benar memperlihatkan keseriusan untuk mewujudkan cita-citanya demi memajukan dan memakmurkan Provinsi Gorontalo.

“Kita punya program pembangunan Gorontalo untuk 30 tahun ke depan, yang dimulai dengan pembangunan pelabuhan dan kawasan industri untuk bisa mendorong peningkatan hasil-hasil pertanian dan perkebunan kita, bahkan Kelautan,” kata Rachmat Gobel.

Olehnya itu, Rachmat Gobel berharap Sumber Daya Manusia (SDM) Gorontalo sudah harus bisa dipersiapkan sejak dini, terutama dalam hal teknologi. “Tadi dalam diskusi kita juga membahas soal bagaimana kita di sini mempersiapkan SDM Gorontalo, atau anak muda Gorontalo yang bisa dilatih bekerja di Jepang selama satu atau dua tahun, atau secara terus-menerus. Jadi sebelum transfrer teknologi, maka yang kita bangun terlebih dahulu adalah kultur dari SDM itu sendiri. Kalau ini bisa kita bangun, maka transfer teknologi itu mudah,” jelas Rachmat Gobel.

Bahkan, saat jamuan makan siang bersama rombongan, Rachmat Gobel menyampaikan bahwa pemerintah dan pengusaha dari Ehime sepakat untuk merekrut pemuda Gorontalo untuk berlatih dan bekerja di Jepang. “Jika tahap pertama berhasil, maka akan dilanjutkan pada tahun berikutnya dengan jumlah yang lebih banyak lagi,” ungkap Rachmat Gobel.

Kunjungan Gubernur Ehime bersama rombongan, sesuai rundown dijadwalkan selama 3 hari, yakni dari Rabu-Jumat (18-20 Januari 2023). Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara (GoruT) adalah lokasi pertama yang dikunjungi setelah mendarat di Bandara Djalaluddin.

Seusai istirahat di Hotel Aston, rombongan menghadiri acara Welcome Dinner atau ramah-tamah tamu kehormatan sekaligus penyerahan donasi ambulans secara simbolis, Rabu malam (18/1/2023), di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo.

Keesokan harinya, Kamis pagi (19/1/2023), rombongan Gubernur Ehime mengunjungi destinasi wisata Nusantara Hiu Paus, di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Dari situ, rombongan Gubernur Ehime dijadwalkan pukul 9.30 WITA menghadiri acara promosi dan pertukaran ekonomi serta makan siang di Kantor Bank Indonesia (BI). Selanjutnya, pukul 13.30 WITA, diskusi di PT. Royal Coconut di Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo.

Setelah itu, rombongan Gubernur Ehime dijadwalkan pukul 15.30 WITA melakukan peninjauan lokasi Demplot pertanian organik, di Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Lalu dilanjutkan pukul 16.30 WITA ke wisata Benteng Otanaha, di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Kunjungan perjalanan diakhiri dengan jamuan makan malam, pukul 18.30 WITA, di rumah makan kuliner pantai Tamendao Beach, di Kelurahan Leato Utara, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo.

Gubernur Ihime bersama rombongan dijadwalkan bertolak dari Hotel Aston ke Bandara Djalaluddin menuju Jepang, pada Jumat (20/1/2023) pukul 10.00 WITA.  

Dari kunjungan tersebut, setidaknya ada hal yang membekas di mata masyarakat Provinsi Gorontalo. Bahwa Rachmat Gobel adalah sosok wakil rakyat tulen yang secara tulus mampu memikul cita-cita, harapan dan aspirasi seluruh umat. (amd/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

185 views

Next Post

Bongkar “Sisi Gelap” Mutasi di Pemprov Gorontalo, 3 LSM ini Tantang Penjagub Hamka Sumpah Pocong

Sab Jan 21 , 2023
DM1.CO.ID, GORONTALO: Tiga Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkemuka di Provinsi Gorontalo, mendadak bertemu di salah satu rumah pengusaha di kawasan Kelurahan Tenda, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Jumat siang (20/1/2023). Komentar anda :