Pemkab Pohuwato Genjot Kampung Digital Seluruh Desa

(DM1, Pohuwato): TEROBOSAN yang dilakukan oleh Pemkab Pohuwato dengan konsep Kampung Digital adalah menjadi bukti sahih, bahwa betapa sangat seriusnya Bupati Syarif Mbuinga dalam mendorong Pohuwato menjadi daerah yang menerapkan konsep smart city yang saat ini digalakkan Pemerintah Pusat.

Hal tersebut diungkapkan Arman Mohammad selaku Kabag Humas Pemkab Pohuwato yang saat ini sedang melihat betapa gencarnya penerapan konsep kampung digital di daerah yang berjuluk Bumi Panua tersebut.

Sebagai bukti keseriusan terhadap pembangunan kampung digital tersebut, Pemkab Pohuwato telah membentuk Satgas Digitalisasi atau Tim IT.

“Kampung Digital sudah digagas Bupati pada awal setelah beliau dilantik untuk masa jabatan periode kedua. Harapan beliau adalah Kampung Digital akan menjadi salah satu inovasi pemerintahan SYAH periode kedua,” ujar Ketua Satgas Digitalisasi, Haris Maku.

Tugas ini, kata Haris, tidaklah mudah. Karena butuh beberapa bulan untuk merampungkan seluruh konsepnya hingga benar-benar hard lounching pada tanggal 16 Agustus lalu. “Alhamdulillah, Desa Pohuwato Timur menjadi desa pertama sebagai pengguna konsep Kampung Digital ini,” ujar Haris.

Kampung Digital yang dikembangkan di Pohuwato, jelas Haris, akan menjadi solusi bagi pemerintah desa dalam upaya menata informasi dan data pemerintahan serta layanan publik berbasis digital.

“Nantinya, semua desa akan memiliki website sendiri. Dan semuanya dapat diperoleh secara gratis, karena pihak developer dalam hal ini Tatiye Net, tidak memungut biaya apapun khusus bagi desa untuk memiliki website,” jelas Haris.

Disebutkannya, website desa ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi pemerintah desa untuk menginformasikan seluruh kegiatan, program serta pencapaian desa masing-masing kepada khalayak luas.

Selain itu, menurutnya, ke depannya di website ini akan makin canggih karena akan ada ugrade secara berkelanjutan khusus untuk aplikasi-aplikasi layanan publik pemerintah desa.

“Memang, di tahap awal ini, website desa yang ada di Kampung Digital, masih sangat sederhana, namun dalam hitungan satu atau dua tahun lagi, websitenya akan canggih seiring dengan makin lengkapnya fitur-fitur yang ada di website. Untuk bisa mendaftar dan mengetahui lebih banyak tentang Kampung Digital, silakan mengakses www.kampungdigital.id,” imbau Haris.

Komentar anda :

Muis Syam

3 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wujudkan Smart City, Pemkot Gorontalo Adakan GCC

Sen Sep 19 , 2016
(DM1, Gorontalo): PEMERINTAH Kota (Pemkot) Gorontalo akan segera rampungkan “Gorontalo Command Center (GCC)”, sebagai salah satu program menuju “Smart City”. Komentar anda :