Wagub Idris Ingatkan Persiapan Pemilu Harus Segera Tuntas

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Tidak terasa lagi, Pemilu Serentak 2019 akan segera diselenggarakan. Dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo pun hingga saat ini terus berupaya memaksimalkan berbagai persiapan agar pelaksanaan pesta demokrasi ini bisa berjalan sukses, pada Rabu (17 April 2019).

Hal tersebut dikemukakan Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim, kepada wartawan DM1 dalam sebuah perbincangan lepas, di Kantor Gubernur Gorontalo, Senin sore (8/4/2019).

Pada Pemilu kali ini, kata Wagub Idris, pihak Pemprov Gorontalo terus menggiatkan upaya-upaya persiapan pelaksanaan Pemilu.

Sebab, menurut Wagub Idris, teknis penyelenggaraan Pemilu kali ini cukup berbeda dengan Pemilu-pemilu sebelumnya. Di mana pada Pemilu kali ini diselenggarakan secara serentak. Yakni, dilakukan sekaligus pada waktu bersamaan memilih Capres-Cawapres dengan Caleg DPR-RI; Calon DPD-RI; DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Olehnya itu, Pemprov Gorontalo hingga saat ini terus gencar melakukan seluruh persiapan yang dapat menunjang terselenggaranya Pemilu Serentak . Misalnya, dengan sosialisasi ke seluruh pelosok daerah se-Provinsi Gorontalo.

Wagub berharap kepada seluruh KPU dan Bawaslu di tiap-tiap daerah untuk dapat bekerjasama dengan Pemda masing-masing.

“Harapan kita buat KPU maupun Bawaslu agar dapat sungguh-sungguh bekerja secara profesional demi terselenggaranya Pemilu berintegritas dan bermartabat,” ujar Wagub Idris.

Salah satu hal mendasar, kata Wagub Idris, adalah berupaya semaksimal mungkin agar seluruh Pemda se-Provinsi Gorontalo bisa melakukan sosialisasi untuk bagaimana Pemilu ini bisa berlangsung aman, tertib dan lancar.

Dalam melakukan sosialisasi, Wagub Idris menyebut peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang-Pol) tentu harus dilibatkan.

Sebab, menurut Wagub Idris, Kesbang-Pol tugasnya adalah melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait. Termasuk melakukan pembinaan, fasilitasi dan pelaksanaan tugas di bidang ideologi dan kewaspadaan, ketahanan bangsa, politik dalam negeri di lingkup provinsi dan kabupaten/kota

Dan tentunya, lanjut Wagub Idris, dengan berbagai upaya yang ada di Badan Kesbang-Pol Provinsi Gorontalo sudah maksimal melakukan tugas-tugasnya agar Pemilu Serentak 2019 dapat berjalan sukses dan lancar.

Olehnya itu, setiap sosialisasi terkait Pemilu tersebut, kata Wagub Idris, Pemprov Gorontalo berharap agar seluruh Pemerintah Daerah kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo dapat benar-benar memastikan sosialisasi tersebut berjalan efektif.

“Sekaligus juga kita mengharapkan dapat mendorong rakyat agar benar-benar menggunakan hak pilihnya. Karena kita ketahui target nasional (partisipasi pemilih) itu 77,5 persen. Tapi kita berupaya bisa 80 persen ke atas,” jelas Wagub Idris.

Terkait dengan persiapan menghadapi Pemilu, Wagub Idris mengungkapkan, bahwa belum lama ini dirinya secara langsung telah melakukan monitoring atau pemantauan proses sortir dan pelipatan surat suara Pemilu Serentak 2019, di Kantor KPU Kota Gorontalo dan KPU Kabupaten Bone Bolango.

“Dan insyaAllah, dalam waktu dekat surat suara maupun logistik penunjangnya itu akan diserahkan ke kecamatan-kecamatan,” kata Wagub Idris seraya menambahkan bahwa persiapan ini harus benar-benar sudah tuntas sebelum hari H.

Mantan Sekda Provinsi Gorontalo ini juga mengingatkan, hendakanya masalah-masalah kecil terkait Pemilu harus bisa ditekan dan diselesaikan dengan baik agar tidak membesar.

“Nanti kita insyaAllah minggu depan akan melakukan rapat, khususnya dengan Forkopimda KPU Provinsi, Bawaslu Provinsi dan juga KPU kabupaten/kota untuk mengecek persiapan akhir daripada Pemilu serentak ini,” pungkas Wagub Idris Rahim. (ori/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up