Kades Wajib Memberikan Informasi Kegiatan Kerjanya ke Publik

DM1.CO.ID: Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa. “Kepala Desa wajib menyampaikan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa kepada masyarakat Desa”.

Penyampaian informasi bisa menggunakan papan pengumuman, radio komunikasi dan media lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat.

Oleh karena itu, dalam dalam Permendagri tersebut menekankan, bahwa untuk memenuhi hak masyarakat, Kepala Desa wajib memberikan dan/atau menyebarkan informasi penyelenggaraan pemerintahan desa kepada masyarakat, paling tidak untuk masyarakat di desanya.

Dalam Permendagri itu juga disebutkan, bahwa masyarakat (terutama masyarakat di desa bersangkutan) berhak meminta dan mendapatkan informasi dari pemerintah Desa mengenai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Atas dasar informasi penyelenggaraan pemerintahan Desa yang disampaikan oleh Kepala Desa digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, saran dan pendapat lisan atau tertulis secara bertanggungjawab.

Adapun, informasi penyelenggaraan pemerintahan Desa disampaikan secara tertulis melalui media informasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Seperti, papan pengumuman, radio komunikasi dan media lainnya (termasuk media pemberitaan online).

(dbs/DM1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.021 views

Next Post

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Gelar Sosialisasi GeMa CerMat

Rab Mar 15 , 2017
DM1.CO.ID, GORONTALO: Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Gorontalo benar-benar berupaya menunjukkan peran dan tanggungjawabnya sebagai pihak terdepan dalam bidang kesehatan. Di antaranya adalah dengan tak henti-hentinya memberikan pemahaman serta wawasan kepada masyarakat terkait pentingnya kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Komentar anda :