Membara, Santri pun Bergegas ke Jakarta Tunaikan Seruan Tebuireng

DM1.CO.ID, JOMBANG: Setelah mengetahui adanya beredar seruan dari Pesantren Tebuireng, Jombang-Jawa Timur, seorang wali-santri menuturkan, “Ada gemuruh di dadaku saat mendapatkan seruan ini. Meskipun anakku tidak mondok di Tebuireng, seruan ini memiliki ruh yang saya yakin akan menggerakkan para santri ke Jakarta, terlebih setelah Rais Am PBNU KH Ma’ruf Amin dihina Ahok.”

Seruan yang dimaksud adalah seruan yang disertai pencerahan dari KH. Ahmad Mustain Syafiie saat khutbah Jumat di Masjid Pesantren Tebuireng, 3 Februari 2017.

Ahmad Mustain Syafiie adalah pakar tafsir Quran Pesantren Tebuireng. Intinya, Kiai Tain (sapaan akrab KH. Ahmad Mustain Syafiie) mengimbau agar santri asal DKI pulang dan menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub 15 Februari mendatang. Dan seruannya itu, kini telah beredar luas di berbagai penjuru media sosial.

Ini isi seruan tersebut :

“Murni sebagai khotib saya mengingatkan, santri asal DKI yang sudah punya hak pilih, pulanglah. Gunakan hak pilih. Izin pada lembaga,” tuturnya.

Memilih pemimpin, Kata Kiai Tain, termasuk bagian dari agama. “Muslim, wajib memilih pemimpin muslim,” tegasnya.

Kiai Tain mengungkapkan, bahwa menggunakan hak pilih adalah termasuk bagian bela negara, sekaligus wujud cinta tanah air.

“Kita sama-sama sudah melihat yang keluar dari mulutnya, yang tersimpan dalam hatinya jauh lebih besar. Jauh lebih besar,” ucapnya Kiai Tain seraya mengutip Quran Surah: Ali Imran 118.

Ayat tersebut secara lengkap adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَتَّخِذُوا بِطَانَةً مِنْ دُونِكُمْ لا يَأْلُونَكُمْ خَبَالا وَدُّوا مَا عَنِتُّمْ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاءُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ وَمَا تُخْفِي صُدُورُهُمْ أَكْبَرُ قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ الآيَاتِ إِنْ كُنْتُمْ تَعْقِلُونَ

Artinya:“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.” (QS. Ali Imran: 118)

Seruan Kiai Tain tersebut diyakini akan menyadarkan para santri yang berasal dari DKI Jakarta agar segera pulang untuk menggunakan hak pilihnya memilih pemimpin muslim.

(tby/DM1)
Komentar anda :

Muis Syam

2.652 views

Next Post

Pers adalah Pewarta, Bukan Pembawa Petaka

Sen Feb 6 , 2017
Oleh: Abdul Muis Syam (AMS) DM1.CO.ID, ARTIKEL: JAKOB Oetama selaku pendiri Kompas Gramedia pernah berpesan, “Kemerdekaan Pers jangan hanya mengutamakan freedom from, tetapi juga harus diimbangi freedom for, yaitu kemerdekaan Pers untuk rakyat. Membela kepentingan rakyat sudah jadi naluri dan nurani wartawan di mana-mana.” Jujur, pesan Jakob Oetama tersebut secara […]