Makna Kesederhanaan Idul Fitri 1441 H di Mata Wali Kota Marten Taha

DM1.CO.ID, GORONTALO: Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah atau 2020 Masehi kali ini cukup dilakukan oleh umat Islam dengan benar-benar penuh kesederhanaan.

Yakni, Salat Id di lapangan dan di masjid-masjid ditiadakan, cukup di rumah saja bersama keluarga inti. Begitu juga dengan open-house dengan kunjung-mengunjungi untuk bersilaturahmi guna salin memohon maaf, pada tahun ini juga ditiadakan.

“Tahun ini kita merayakannya dalam kesederhanaan, karena adanya wabah pandemik Virus Corona,” ujar Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, sesaat usai menunaikan Salat Id bersama keluarga inti di Rumah Dinasnya, Ahad (24/5/2020).

Meski begitu, menurut Wali Kota Gorontalo dua periode ini, di balik semua kesederhanaan itu banyak mengandung makna yang bisa dipetik selaku orang yakin atas ketentuan Allah SWT.

Wali Kota Marten Taha pun menyebutkan makna yang dimaksud. Yakni di antaranya, pertama,  mengingatkan kepada semua pihak betapa pentingnya kebersihan diri dan lingkungan.

Kesadaran tentang pentingnya kebersihan, menurut Marten Taha, sebelum pandemik Covid19 mulai terlupakan. “Padahal kebersihan itu adalah sebagian dari iman, secara jasmani dapat menghindarkan diri kita dari berbagai macam penyakit,” ujar Marten.

Makna kedua,  lanjut Marten Taha, bahwa dengan adanya Covid19 ini mengajarkan semua pihak agar dapat lebih lebih dekat lagi dengan keluarga di rumah.

“Mungkin ini yang harus kita yakini, karena dengan kesibukan yang kita lakoni terkadang waktu bersama keluarga harus terabaikan,” katanya.

Sehingga, Marten Taha pun mengajak seluruh warga Kota Gorontalo, untuk menghadapi segala keadaan saat ini hendaknya benar-benar dengan hati yang ikhlas sambil tetap berikhtiar dan bermunajat kepada Tuhan yang Maha Esa, dengan berharap agar situasi ini segera berakhir.

Pada momen Idul Fitri 1441 H ini, Wali Kota Marten Taha pun tak lupa mengucapkan: Mohon Maaf Lahir-Batin. “Khususnya umat Muslim di Kota Gorontalo, selamat hari raya Idul Fitri. Jaga terus tali-silaturahim. Semoga kita semua tetap diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi musibah ini,”  imbuh Marten Taha. (red-rls/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

2 views

Next Post

Usai Salat Id, Sejumlah Jamaah Masjid di Buol Keroyok Kades

Sen Mei 25 , 2020
DM1.CO.ID, BUOL: Desa Lripubogu, Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, tiba-tiba jadi bahan pemberitaan di media lokal maupun nasional. Komentar anda :