Lakukan Penyemprotan, Camat Bone Raya Minta Warga Patuhi Aturan Pencegahan Corona

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Kecamatan Bone Raya, Kabupaten Bone Bolango, mengambil langkah-langkah yang telah diinstruksikan oleh pemerintah pusat guna melawan serangan Covid-19 yang telah menelan korban hingga puluhan ribu jiwa di seluruh dunia.

Dengan menggandeng seluruh Forkopimcam, TNI/Polri dan seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Bone Raya, Kusno Tangahu selaku Camat Bone Raya pun melakukan aksi penyemprotan desinfektan ke sejumlah titik, pada Jumat (27/3/2020).

Meski Tripika di Bone Raya mengungkapkan, bahwa di wilayah hukum Kecamatan Bone Raya belum ditemukan pasien yang terinfeksi virus Corona atau Covid-19, namun upaya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin.

Kepala Puskesmas Bone Raya, Nurmala S. Gobel S.Tr.Keb, juga membenarkan, bahwa sejauh ini pihaknya belum menemukan tanda-tanda atau gejala virus Corona di kecamatan ini, dan berharap agar jangan sampai masuk.

“Desinfektan sesuai kebutuan masyarakat dibuat mandiri oleh pemerintah desa, dan Forkopincam. Langkah kami puskesmas adalah koordinasi dengan pemerintah setempat untuk pencegahan covid-19,” tutur Nurmala.

Selain itu, kata Nurmala, pihaknya juga senantiasa melakukan pemantauan warga setempat, dan juga tetap mengikuti informasi dari jauh terhadap kondisi masyarakat di wilayah terjangkit.

Saat ini, menurut Nurmala, sangat diperlukan kerja sama dengan pemerintah desa serta dengan melibatkan kader kesehatan. Dan meminta dengan tegas kepada masyarakat agar dapat mematuhi semua aturan dan petunjuk, terutama tidak melakukan kumpul-kumpul secara berkerumun.

Sementara itu Camat Kusno Tangahu mengungkapkan, hal-hal yang telah dilakukan sebagai upaya untuk selalu mengingatkan masyarakat di Kecamatan Bone Raya, di antaranya adalah dengan memasang baliho “Maklumat Kapolri” di dua lokasi, yaitu di simpang empat Desa Tombulilato dan di depan RSUD Tombulilato Desa Laut Biru.

Selain itu, kata Kusno, pihaknya juga tak henti-hentinya mengingatkan melalui imbauan kepada masyarakat melalui kepala desa masing-masing, agar selalu memonitoring dan memantau masyarakatnya apabila ada gejala.

“Selain itu, juga dilakukan penyemprotan di kantor-kantor, di rumah warga serta di sejumlah tempat rawan lainnya. Dan hari ini menjadi hari terakhir para Kades bersama aparat desa se-Kecamatan Bone Raya melalukan penyemprotan di rumah-rumah penduduk,” ujar Kusno.

Kusno juga mengungkapkan, bahwa pihak Polsek Bone Raya secara intensif melaksanakan patroli malam untuk membubarkan kerumunan masyarakat.

Selain itu, kata Kusno, Polsek Bone Raya juga tidak menerbitkan izin keramaian untuk penyelenggaraan pesta kawin, pesta sunatan/pembeatan, perlombaan olahraga seperti volly-ball, sepak-bola, dan sebagainya.

Kusno selaku camat pun menegaskan kepada masyarakat di Kecamatan Bone Raya agar dapat mengindahkan, menaati dan mematuhi imbauan ataupun edaran dari pemerintah, baik pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga pemerintah desa. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

4 views

Next Post

Jika WM Belum Dipecat, Kader PDIP ini akan Menghadap ke Megawati

Ming Mar 29 , 2020
DM1.CO.ID, BOALEMO: WM adalah anggota DPRD Boalemo yang juga diketahui sebagai anak bupati setempat, saat ini sedang dalam penanganan Polres Metro Jakarta Pusat. Komentar anda :