Dua LSM ini Menilai Imbauan RH Terkait Sorotan Terhadap Penjagub Gorontalo Tidak Terselip Kepentingan Apa-apa

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Kekisruhan maupun potensi kegaduhan yang terjadi terkait “perilaku” dan juga kondisi kinerja Hamka Hendra Noer selaku Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo yang dinilai buruk, saat ini sedikit mulai mereda setelah beberapa hari secara bertubi-tubi mendapat sorotan tajam dari berbagai elemen masyarakat di daerah ini.

Menurut Kamarudin Kasim sebagai Ketua LSM Macan Asia Provinsi Gorontalo, sedikit meredanya kekisruhan maupun pertentangan terkait Penjagub Hamka itu, salah satunya tidak terlepas dengan adanya berita imbauan dari mantan Gubernur Gorontalo dua periode, Rusli Habibie, yang dimuat di media ini.

Dalam berita tersebut, Rusli Habibie mengimbau kepada seluruh kalangan masyarakat, termasuk pihak pemerintah agar dapat menahan diri untuk tidak terpancing kepada hal-hal yang justru akan membuat suasana menjadi makin memanas.

Menurut Kamarudin, imbauan dari Rusli Habibie itu sangat bagus dan muncul di waktu yang tepat karena mampu mempengaruhi suasana yang telah memanas menjadi sejuk. “Saya mendukung dan setuju dengan imbauan dari pak Rusli Habibie. Imbauan itu menandakan bahwa beliau sama sekali tidak menginginkan munculnya kegaduhan di Provinsi Gorontalo,” tutur Kamarudin saat menghubungi Redaksi DM1, Rabu siang (28/12/2022).

Selain meminta berbagai elemen masyarakat untuk menjaga stabilitas daerah, menurut Kamarudin, dalam imbauan Rusli Habibie selaku mantan gubernur dalam berita itu sepertinya juga “berpesan” dan mengingatkan kepada Penjagub Hamka, agar dapat lebih mengutamakan dan memaksimalkan pelayanan kepada  masyarakat.

“Tidak salah jika pak Rusli Habibie melakukan imbauan sebagai bentuk mengingatkan kepada semua pihak. Sebab, Pak Rusli habibie itu adalah sosok yang sangat memahami wilayah ini, serta sangat mengetahui kondisi masyarakat yang pernah dipimpinnya selama 10 tahun sebagai gubernur,” jelas Kamarudin.

Di tempat terpisah, komentar senada juga disampaikan Ichsan Naway selaku Ketua LSM JIS-Care Provinsi Gorontalo.

Imbauan yang disampaikan Rusli Habibie, menurut Ichsan, itu adalah nasehat yang sangat baik dan menyejukkan, karena mengingatkan semua pihak agar dalam melakukan kritik terhadap pemerintah hendaknya diikuti dengan solusi.

“Kami sangat salut dengan imbauan yang disampaikan Pak Rusli Habibie terkait “gaduhnya” situasi akhir-akhir ini akibat adanya sorotan kinerja Penjagub Hamka yang dinilai buruk. Imbauan Pak Rusli Habibie itu sangat jelas sebagai upaya untuk mencegah dan meredam persoalan yang terjadi agar tidak makin melebar. Ini luar biasa,” ujar Ichsan kepada Wartawan DM1, Rabu sore (28/12/2022).

Sehingga Ichsan mengaku sangat menyayangkan jika ada pihak-pihak tertentu yang seolah menuding, bahwa di balik imbauan Rusli Habibie itu terselip upaya memanfaatkan atau memboncengi sebuah perseteruan.

“Tudingan seperti itu benar-benar sangat keliru. Kami justru melihat di balik imbauan dan nasehatnya pak Rusli Habibie itu sama sekali tidak  punya kepentingan tertentu. Kepentingan apa yang ingin dikejar oleh Pak Rusli Habibie melalui imbauannya itu? Sampai saat ini beliau (Rusli Habibie) sudah cukup mapan menikmati hidupnya,” tutur Ichsan tersenyum.

Justru, menurut Ichsan, Rusli Habibie menyampaikan imbauan yang benar-benar murni sebagai nasehat itu bertujuan untuk mengingatkan kepada semua pihak agar tidak melakukan kritik hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

Dan terkait adanya sorotan tajam dari berbagai elemen masyarakat di daerah ini tentang “perilaku” serta juga kinerja Penjagub Gorontalo, menurut LSM JIS-Care maupun LSM Macan Asia, itu adalah hal yang wajar-wajar saja yang tak punya kepentingan apa-apa selain untuk memotivasi Penjagub Hamka agar dapat sesegera mungkin memperbaiki kinerjanya. (dms-dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

407 views

Next Post

Di Kecamatan Bone, Pertashop Pertama Hadir di Desa Molamahu

Jum Des 30 , 2022
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pertashop atau Pertamina Shop yang merupakan outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non-subsidi, LPG non-subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya, kini hadir di Kecamatan Bone, tepatnya di Desa Molamahu. Komentar anda :