Kepsek SMKN 1 Gorontalo, DR. Roni: Untuk Kemajuan Pendidikan, Peran Pemerintah Harus Lebih Ditingkatkan

DM1.CO.ID, GORONTALO : Melihat kondisi pendidikan, saat ini sudah cukup maju dengan adanya partisipasi dari 3 pilar. Yakni, dari orang tua, sekolah, juga dari pemerintah. Dan peran ketiga pilar ini, tentu harus  lebih ditingkatkan perannya, terutama untuk menjadikan penerus-penerus bangsa ini menjadi lebih baik lagi.

Pandangan tersebut dikemukakan oleh DR. Roni M. Dg. Rumallang, M.Pd selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Kota Gorontalo, dalam bincang-bincang lepasnya dengan DM1.CO.ID, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurutnya, kemajuan dunia pendidikan saat ini sudah sangat berbeda dengan dunia pendidikan saat dirinya masih sekolah dulu.

“Saat ini dunia pendidikan sangat modern. Di antaranya, dalam proses belajar mengajar di zaman sekarang sudah dipenuhi dengan fasilitas sarana prasarana yang canggih dengan menggunakan teknologi komputer, dan lain sebagainya,” ujar DR. Roni.

Meski begitu, menurutnya, dalam konteks tersebut tidaklah dapat membandingkan kesuksesan pendidikan di masa lalu dengan pendidikan di masa sekarang. “Yang perlu dikur sekarang adalah bagaimana pendidikan di zaman sekarang hendaknya bisa menjadikan manusia lebih baik lagi,” ucap DR. Roni.

Dikatakannya, dengan semakin meningkatnya perkembangan pendidikan saat ini, maka itu adalah merupakan tantangan pendidikan yang makin besar pula.

Ditanyakan mengenai tanggung-jawab serta peran dari pihak pemerintah, DR. Roni menjelaskan, bahwa pemerintah sejauh ini sudah cukup bagus, hanya saja belum maksimal.

DR. Roni pun menyarankan agar pemerintah lebih meningkatkan lagi kepedulian dan perhatiannya terhadap kemajuan dunia pendidikan di tanah air. Misalnya, dengan membenahi standar pelayanan minimal untuk sebuah pendidikan. “Masih banyak sekolah yang belum memenuhi standart, baik dari sisi gedung,fasilitas guru maupun tenaga,” ungkap DR. Roni.

Dia pun menaruh harapan, ke depan ada upaya yang lebih mampu mempererat lagi kerjasama antar 3 pilar tersebut di atas agar dapat memaksimalkan kemajuan dunia pendidikan.

Dan khusus untuk para guru, DR. Roni mengharapkan agar dapat lebih meningkatkan kualitas diri dan profesionalismenya. Sebab, menurutnya, guru dihargai atas karyanya.

(Rhony-Nona/DM1)
Komentar anda :

Muis Syam

2.600 views

Next Post

Dulu Jokowi Pecat Rizal Ramli Karena Lawan Ahok, Kini Giliran Rakyat yang Mau “Dipecat”

Sen Nov 21 , 2016
DM1.CO.ID, JAKARTA: “Kok demi seorang yg jadi “Biang Kekacauan” semua mau dikorbankan?...” Ini adalah kicauan sekaligus pertanyaan yang ditulis oleh Rizal Ramli dalam akun twitternya @RamliRizal, pada Ahad (13/11/2016). Komentar anda :