Dukung Visi Misi Pemda Bolmut, Desa Buko Selatan Fokus Bidang Pendidikan

Wartawan: Mulkan Hidayatullah | Editor: AMS

DM1.CO.ID, BOLMUT: Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. H. Depri Pontoh bersama Wakil Bupati Drs. H. Amin Lasena, M.AP, telah mematok visi-misi untuk kepemimpinan 5 tahun ke depan (2018-2023).

Yaitu, visi: “Mewujudkan Bolaang Mongondow Utara Yang Berkelanjutan, Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing”.

Dan misi: “Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berbudaya; Memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good and clean Government); Meningkatkan daya saing ekonomi berbasis pertanian, perikanan dan pariwisata; dan Memantapkan pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah yang handal”.

Dalam upaya mencapai visi-misi tersebut, Pemerintah Daerah Pemda (Bolmut) tentu saja berharap kepada pemerintahan di desa-desa agar dapat terus menggiatkan diri sebagai ujung tombak pembangunan.
Salah satunya di Desa Buko Selatan, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut.

Kepala Desa (Kades) Buko Selatan, Djoni Djefri Pantow, kepada DM1, Senin (22/7/2019) mengungkapkan, jumlah penduduk Desa Buko Selatan saat ini adalah 596 jiwa. “Dari jumlah penduduk itu, 80 persen adalah bermata-pencaharian sebagai petani,” ujar Kades Djoni.

Dari program-program kerja yang ada, kata Kades Djoni, pembangunan sanitasi dan peningkatan bidang pendidikan adalah program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Desa Buko Selatan. “Sebab sanitasi lingkungan dan bidang pendidikan sangat prioritas,” kata Djoni.

Selaku pemerintah desa, Kades Djoni membeberkan, tahun anggaran 2015 sampai 2020 tetap akan direncanakan jamban keluarga.

Sementara untuk pembangunan di bidang pendidikan, Kades Djoni menyebutkan, bahwa satu-satunya fasilitas pendidikan yang ada di desa ini adalah hanya berupa TK/PAUD, bernama PAUD Al-Zikra. “Pembangunan TK/PAUD Al-Zikra itu sudah dilakukan sejak tahun 2016 hingga 2017,” tutur Kades Djoni.

Kades Djoni menegaskan, bahwa pihak Pemerintahan Desa Buko Selatan sangat mendukung visi-misi yang diemban oleh Pemda Bolmut, terutama dalam bidang pertanian, pendidikan dan sanitasi lingkungan.

Olehnya itu, Kades Djoni pun berharap adanya perhatian dan kerjasama yang lebih serius lagi dengan Pemda Bolmut maupun pusat untuk merealisasikan program peningkatan pendidikan di Desa Buko Selatan ini.

“Terus terang kami pemerintah desa sangat peduli dengan pendidikan. Gedung SD dan SMP sampai saat ini belum ada di desa ini,” ungkap Kades Djoni.

Kepedulian Kades Djoni terhadap pembangunan di bidang pendidikan dibuktikan dengan berhasilnya menjadikan desa ini sebagai percontohan TK/PAUD tingkat kabupaten dan provinsi. “TK/PAUD di desa ini sementara proses terakreditasi,” ujar Kades Djoni.

Kades Djoni juga mengungkapkan sejumlah program kerja yang telah ditunaikan. Seperti pembangunan drainase, bantuan ternak sapi, dan pembangunan Polindes.

Selain itu, lanjut Kades Djoni, beberapa bantuan dari daerah juga telah terealisasi dalam mendukung program pertanian.

Untuk di bidang kesehatan, Kades Djoni mengungkapkan program yang belum jalan maksimal salah satunya adalah Posyandu. “Gedung Posyandunya sudah ada dan sudah berjalan, namun sampai saat ini masih sementara dibenahi sarana-prasarana serta fasilitasnya, insyaAllah anggaran tahun depan bisa terealisasi,” tutur Kades Djoni seraya menambahkan bahwa Desa Buko Selatan senantiasa mendukung Pemda Bolmut dalam upaya pencapaian visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Bolmut. (mul/dm1)

Muis Syam

2,056 views

Next Post

Desa Duini Siap Wujudkan Visi Misi Pemda Bolmut di Bidang Pariwisata

Kam Jul 25 , 2019
Wartawan: Mulkan Hidayatullah | Editor: AMS DM1.CO.ID, BOLMUT: Hamparan keindahan Pantai Bundho yang terbentang luas, membuat hati dan pikiran akan menjadi teduh dan nyaman.