Desa Duini Siap Wujudkan Visi Misi Pemda Bolmut di Bidang Pariwisata

Bagikan dengan:

Wartawan: Mulkan Hidayatullah | Editor: AMS

DM1.CO.ID, BOLMUT: Hamparan keindahan Pantai Bundho yang terbentang luas, membuat hati dan pikiran akan menjadi teduh dan nyaman.

Memang, belum banyak yang tahu, betapa Pantai Bundho ini mampu menyajikan keindahan yang amat teduh, seteduh ombak-ombak kecil dari Laut Sulawesi yang berkejar-kejaran dan menepuk-nepuk bibir pesisir pantai.

Inilah yang membuat Sardjono Inggrina selaku Kepala Desa (Kades) Duini bersama warganya, bertekad mendukung upaya pencapaian visi-misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) di bidang pariwisata.

Sebab, Pantai Bundho yang terletak di Desa Duini ini diyakini juga tak kalah indahnya dibanding dengan pantai-pantai yang ada di daerah lainnya.

“Desa Duini adalah desa wisata pantai yang pemandangannya sangat indah,” ujar Kades Duini, Sardjono kepada DM1, Rabu (24/7/2019).

Sardjono mengatakan, untuk menuju ke lokasi destinasi wisata Pantai Bundho ini sangat mudah, hanya sekitar 10 Meter dari jalan Trans Sulawesi.

Sejauh ini, Sardjono selaku Kades mengaku telah melakukan upaya pengembangan pariwisata di Pantai Bundho. Di antaranya, sudah dibangun MCK, gazebo, panggung kesenian, dan akses jalan.

Sardjono mengungkapkan, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi di lokasi wisata pantai tersebut. Salah satunya adalah talud penangkal abrasi yang ada belum maksimal.
Talud yang ada saat ini, menurut Sardjono, adalah dibangun oleh pemerintah desa dengan dana yang sangat terbatas, sehingga tidak maksimal.

Kendati demikian, Sardjono mengajak para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk dapat berkunjung, sekaligus membuktikan betapa Pantai Bundho memang pantas dijadikan sebagai tempat wisata yang layak.

Sardjono pun mengaku menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatwan yang berkunjung ke Pantai Bundho.

Sebab, kata Sardjono, sampai dengan saat ini suasana desa dalam keadaan aman tertib, sehingga pelaksanaan program-program kerja pun dapat berjalan dengan baik.

Sarjdono menyebutkan, terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa), maka untuk pembangunan Desa Duini pada periode 6 tahun ke depan (2018-2023), disusun visi sebagai berikut: “Terwujudnya Duini yang Mandiri, Adil dan Jujur (MAJU)”.

Sardjono menerangkan, desa yang mandiri mengandung pengertian bahwa masyarakat Desa Duini mampu mewujudkan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan masyarakat desa lain yang lebih maju, dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri yang berbasis pada keunggulan lokal.

Adil, kata Sardjono, diartikan pada sistem pelayanan secara menyeluruh dan merata kepada masyarakat tanpa membedakan suku, ras dan antar golongan.

Sedangkan jujur, lanjut Sardjono, mengandung makna pelaksanaan sistem pembangunan yang akuntabel yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sardjono pun mengurai misi yang telah dipatok. Yakni, di antaranya adalah memperkuat kapasitas, kemampuan dan integritas aparatur pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

Selanjutnya, memperkuat dan memberdayakan peran serta fungsi kelembagaan desa dalam mewujudkan sinergitas antar-lembaga.

Dan misi berikutnya, adalah mendorong pertumbuhan perekonomian desa melalui peningkatan kapasitas dan produksi petani, menumbuhkan industri rumah tangga.

“Berkaitan dengan pengembangan misi yang telah dilaksanakan selama ini, yakni di bidang pertanian adalah pembangunan jalan perkebunan. Di bidang pariwisata pembangunan jalan objek wisata,” terang Sardjono.

Olehnya itu, Sardjono menegaskan, bahwa Pemerintah Desa Duini bertekad untuk senantiasa siap mendukung visi-misi Pemkab Bolmut.

Yaitu, visi: “Mewujudkan Bolaang Mongondow Utara Yang Berkelanjutan, Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing”.

Dan misi: “Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berbudaya; Memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good and clean Government); Meningkatkan daya saing ekonomi berbasis pertanian, perikanan dan pariwisata; dan Memantapkan pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah yang handal”. (mul/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

2,585 views

Next Post

Desa Tombulang Giat Membangun, Siap Wujudkan Visi Misi Pemda Bolmut

Kam Jul 25 , 2019
Wartawan: Mulkan Hidayatullah | Editor: AMS DM1.CO.ID, BOLMUT: Desa Tombulang, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), hingga saat ini terus menggairahkan diri dengan melakukan berbagai upaya-upaya pembangunan, terutama adalah untuk mendukung pencapaian visi-misi Pemkab Bolmut. Komentar anda :