Kades Tihu Berikan Bantuan Rp.10 Juta bagi UKM Tunas Kelapa

Bagikan dengan:
Wartawan: Resti Cono & Dewi Kartika 
Editor: Avi|

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Desa Tihu, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango, dapat disebut sebagai desa yang begitu mengapresiasi setiap usaha yang dilakukan masyarakat setempat.

Pasalnya, Asrawanti Sianu (56) selaku Kepala Desa (Kades) Tihu, memberikan dana bantuan desa sebesar Rp.10 juta dalam bentuk sarana dan prasarana penunjang produksi minyak kampung, bagi masyarakat yang tergabung dalam Usaha Kelompok Masyarakat (UKM) Tunas Kelapa.

Jumat (5/10/2018), kepada kru DM1, Asrawanti mengungkapkan, “Dana desa itu masuk September, dan pihak desa tidak mengambil apa-apa dari hasil pengolahan minyak kampung itu. Ini murni bantuan kepada masyarakat.’

Pengelola produksi minyak kampung, Ratna Sakula (34) pun ikut membenarkan pernyataan dari Asrawanti tersebut.

“Ini bantuan cuma-cuma untuk masyarakat,  desa tidak dapat apa-apa dari hasil produksi ini”, terang Ratna.

Adapun kegiatan proses produksi minyak kelapa kampung dimulai dari mengupas buah kelapa, memeras santan kelapa, menyimpan santan selama satu malam, memasak santan, membuang ampas yang telah mengental dipermukaan santan, hingga mendapatkan hasil akhir minyak kelapa kampung.

Meskipun prosesnya terbilang sangat sederhana dan cukup mudah, namun masih terdapat beberapa kekurangan dalam pengolahan minyak kampung ini, seperti tidak tersedianya rumah produksi.

Menanggapi hal tersebut, Asrawanti mengatakan, “InsyaAllah pemdes akan segera membangun rumah produksi khusus pengolahan minyak kelapa kampung. Sudah ada bahan-bahan untuk pembangunannya, cuman lagi dicari waktu yang baik saja”.

Di sisi lain, Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Reynol Tumulo (40) berharap kegiatan produksi minyak kampung akan mendapat pendampingan dari pemerintah kabupaten dalam pengelolaannya. Baik itu dari proses pembuatan, pengemasan, sampai pemasaran. (rdj/dmk/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up