Halal bi Halal Dinas Kominfo Kota Gorontalo: “Piring Bersih dan Hati Bersih”

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Jelang memasuki Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah, Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Persandian Kota Gorontalo menyelenggarakan Halal bi Halal, yang diselenggarakan pada Sabtu (9 Maret 2024).

Selain dihadiri langsung oleh Daud Panigoro selaku Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo beserta seluruh stafnya, acara yang digelar di pelataran Kantor Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo, di Jalan Jenderal Sudirman tersebut, juga diikuti oleh Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM, serta para jurnalis dari berbagai media di daerah ini.

Daud Panigoro dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir dalam acara Halal bi Halal yang bernuansa silaturahmi tersebut. “Semoga beroleh Rahmat dari Allah Subhanahu wata’ala,” ujar Daud Panigoro.

Sementara itu, ustaz Toni Maksum, yang tampil sebagai penceramah dalam acara tersebut menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya membersihkan hati.

Ustaz Toni Maksum menggambarkan kondisi hati dengan menganalogikan sebuah piring. “Kita ini sama dengan orang yang meminjam piring di tetangga. Kalau kita meminjam piring di tetangga, maka keadaan menjadi tiga. Yang pertama, manakala kita mengembalikan piring tersebut dalam keadaan bersih, maka nantinya si pemilik piring akan langsung meletakkan piring itu di atas rak,” kata ustaz Toni.

“Yang kedua, manakala kita mengembalikan piring tersebut dalam keadaan kotor, maka nantinya si pemilik piring akan mencuci piring itu terlebih dahulu, kemudian diangkat masukkan ke rak. Dan yang ketiga, manakala kita mengembalikan piring tersebut sudah dalam keadaan pecah, apa yang terjadi, maka nantinya si pemilik piring akan melempar piring tersebut ke tempat sampah,” sambung Ustaz Toni.

Penggambaran tersebut, menurut Ustaz Toni, sama halnya dengan hidup manusia manakala kembali menghadap ke haribaan Allah dalam keadaan bersih, maka nantinya Allah akan langsung meletakkannya di dalam surga.

“Yang kedua, andaikan kita kembali menghadap kepada Allah dalam keadaan kotor, maka nantinya Allah akan mencelupkan kita ke dalam neraka jahannam terlebih dahulu kemudian diangkat untuk dimasukkan ke dalam surga,” jelas Ustaz Toni.

“Dan yang ketiga, andaikan kita kembali menghadap ke haribaan Allah dalam keadaan sudah hancur berkeping-keping, apa yang terjadi, Allah Subhanahu wata’ala nantinya akan melempar kita ke dalam kobaran api yang panas, di dalam neraka jahannam,” sambung Ustaz Toni.

Rangkaian acara Halal bi Halal tersebut ditutup dengan saling berjabat tangan oleh para undangan satu sama lain, yang dimaksudkan agar dalam Bulan Ramadan ini bisa benar-benar dengan hati bersih menjalankan puasa sebulan penuh. (dms-ams)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

119 views

Next Post

Akibat Perubahan Iklim, Uni Eropa Terancam Hadapi Kerugian Ekonomi dan Kematian Massal

Kam Mar 14 , 2024
DM1.CO.ID, GORONTALO: Jika tak mampu mengambil langkah-langkah sigap, maka  Eropa akan terancam menghadapi risiko-risiko perubahan iklim yang parah. Komentar anda :
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296