Dirjen Bimas Hindu Kemenag-RI Berkunjung ke Koltim, Ini Sambutan Andi Merya

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Plt Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Hj. Andi Merya Nur, S.IP, Sabtu (1/5/2021), menerima kunjungan kerja (Kunker) Direktorat Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag-RI), Dr. Tri Handoko Seto.
Hadir pada kesempatan itu sebagai tuan rumah di antaranya Pj. Sekda Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa; Kepala Kantor Kemenag Koltim; Pembimas Hindu Kanwil Kemenag RI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra); sejumlah Anggota DPRD Koltim; serta Kepala Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo) dan Persandian Koltim, I Nyoman Abdi.
Kunjungan Tri Handoko Seto di Koltim terkait dengan pendirian sekaligus peresmian gedung kelas belajar siswa (sekolah/pasraman formal) Adi Widya Pasraman (AWP), yang terletak di Desa Tinomu, Kecamatan Loea. Pasraman adalah lembaga pendidikan khusus bidang agama Hindu.

Dengan kehadiran pasraman formal tersebut, tentunya ke depan diharapkan dapat menjadikan siswa-siswa sekolah ini sebagai generasi penerus yang unggul dan religius, sehingga mampu bersaing pada dunia kerja dengan berlandaskan pada karakter agama Hindu.
Pun dengan adanya sekolah berbasis keagamaan yang didukung dengan manajemen dan pengelolaan yang baik, maka diyakini akan mampu meningkatkan sumber daya manusia Hindu di Kabupaten Kolaka Timur pada umumnya.
Pada kesempatan itu, selaku pemegang tongkat kepemimpinan di Koltim, Andi Merya menyampaikan, bahwa Kolaka Timur merupakan miniaturnya Indonesia karena terdiri dari berbagai macam suku budaya, dan juga agama yang berbeda, namun senantiasa bersatu untuk memikirkan Kolaka Timur yang baik ke depannya.
“InsyaAllah kami Pemda Kolaka Timur berjanji semoga di tahun ke depan dapat memberikan bantuan anggaran untuk Adi Widya Pasraman di Kolaka Timur, agar proses belajar mengajar dapat berjalan lebih baik lagi,” kata Andi Merya di hadapan para undangan.

Dikatakannya, peningkatan bidang agama dan lembaga keagamaan memang merupakan salah satu visi-misi yang tertuang dalam kepemimpinan almarhum Bupati Koltim, Samsul Bahri Madjid bersama Wakil Bupati, Andi Merya Nur.
Dan sebagai bagian implementasi dari penjabaran visi misi itu, menurut Andi Merya,  adalah dengan memberikan dana stimulan kepada pemerintah Desa sebesar Rp.250 Juta. Pemberian insentif tersebut digunakan sebagai peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di masing-masing desa.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI. Dan terima -kasih juga kepada pihak Kementerian Agama RI atas bantuannya selama ini, sehingga Adi Widya Pasraman (pasraman formal) di Kolaka Timur ini dapat berdiri dan berjalan dengan baik,” hormat Andi Merya. (rul/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

130 views

Next Post

Siapa Orang Lain itu yang Berperan Penting dalam Proyek GORR???

Sen Mei 3 , 2021
Oleh: Herman Muhidin* DM1.CO.ID, OPINI: Kasus hukum proyek Gorontalo Outer Ring Road (GORR), akhirnya sudah ada putusan pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Gorontalo terhadap terdakwa Ibrahim, ST dan Farid Siradju serta Asri Wahjuni Banteng. Ketiganya terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi, –(Butota.ID, 29 April 2021). Di […]