BUDAYADM1 Kolaka TimurMoralSOSIALSosialisasiTerbaru

Safari Ramadan di Lalolae, Plt. Bupati Koltim Ajak Galakkan Zakat

Bagikan dengan:
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Salah satu kewajiban umat Muslim saat di penghujung Ramadan, adalah membayar zakat fitrah. Sebab sebagai umat Islam, hendaknya tidak meremehkan ketentuan berzakat sebagai kewajiban yang telah ditetapkan sebagai salah satu rukun Islam.
Tujuan dari berzakat ini bukan hanya sekadar menunaikan kewajiban, tapi juga untuk membersihkan dan menyucikan harta, serta berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Dan terdapat dua zakat yang wajib ditunaikan bagi yang mampu, yaitu zakat fitrah dan zakat harta.
Di kegiatan Safari Ramadan yang dilaksanakan di Kecamatan Lalolae, pada Ahad (2/5/2021), Plt Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Andi Merya Nur, juga tak lupa menyampaikan sekaligus mengajak kepada seluruh jamaah Salat Tarawih dan pula masyarakat Koltim yang beragama Islam, agar melaksanakan zakat.

Andi Merya menyebutkan, sebagai seorang muslim tentu memiliki kewajiban berzakat. Apabila hal itu tidak dilaksanakan atau ditunaikan, maka seseorang muslim tersebut belum dinyatakan memiliki kesempurnaan dalam ke-Islamannya.
Sebab melihat dari aspek ibadah sosial, jelas Andi Merya, zakat itu mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting arah pemanfaatannya dalam pembangunan ekonomi umat.
Terlebih lagi, kata Andi Merya, apabila zakat yang terkumpul itu dikelola dengan baik atau secara profesional, maka akan dapat menjadi kekuatan ekonomi rakyat.
Selaku pengendali pemerintahan di Kabupaten Koltim, Andi Merya pun mengingatkan kepada masyarakat secara umum, agar senantiasa tetap bersama-sama dan terus-menerus saling sinergi, dan berupaya untuk melakukan percepatan pembangunan di berbagai bidang.
“Kita perlu bangkit dalam membangun daerah yang dilandasi dengan tekad dan semangat yang kokoh. Tentunya, untuk mencapai perubahan seperti yang kita inginkan bersama, maka kita harus bisa terlepas dari atribut-atribut ketertinggalan sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur. Sehingga hasilnya dapat dilihat dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik pembangunan infrastruktur, jalan dan jembatan maupun pembangunan di bidang lainnya,” terang Andi Merya.
“Semoga Allah SWT berkenan menurunkan rahmat dan berkah-NYA di Kabupaten Kolaka Timur, sehingga terwujud cita-cita bersama yaitu Sejahtera Bersama Masyarakat (SBM) yang AMMAN yaitu Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan,” sambung Andi Merya.
Srikandi Koltim ini juga mengaku merasa bersyukur dan sangat bahagia, sebab dapat melaksanakan kegiatan safari Ramadan tersebut sebagai momentum istimewa bulan Ramadan.
Kegiatan seperti ini, menurut Andi Merya, tentunya sangat memiliki nilai-nilai keutamaan dan memberi peluang, khususnya umat Islam untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap kondisi yang ada di sekitar.
“Di bulan suci Ramadan, Allah SWT telah mewajibkan kepada seluruh umat Islam untuk berpuasa sebulan penuh. Melalui ibadah puasa Ramadan pula, Allah SWT mendidik kita semua untuk menjadi pribadi-pribadi yang bertakwa,” ucap Andi Merya.
Tak lupa Andi Merya juga mengajak kepada kaum muslimin dan muslimat agar dapat menghiasi bulan Suci Ramadan dengan senantiasa meningkatkan kualitas iman dan amal saleh. Yakni dengan cara memperbanyak zikir, salat berjamaah di masjid, baca alQuran serta amalan-amalan Ramadan lainnya.
“Saya juga mengajak muslimin dan muslimat agar dapat mencegah dan menjauhkan diri dari segala bentuk penyakit masyarakat yang dapat merusak diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, minum-minuman keras, perjudian, prostitusi, narkoba dan segala jenisnya,” pintanya.
“Mari hidupkan suasana silaturahim, kita perkuat rasa persaudaraan di antara kita. Hilangkan silang sengketa dan permusuhan, sehingga terbina persatuan dan kesatuan demi kelanjutan pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur. Saya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kolaka Timur, untuk menggalakan zakat, infaq dan sedekah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” lanjut Andi Merya.
Kegiatan safari Ramadan yang dilakukan oleh Andi Merya bersama rombongan di Kecamatan Lalolae ini juga, tak lupa dirangkaikan dengan pemberian bantuan kepada beberapa rumah ibadah yang ada di wilayah itu. Turut hadir dalam kegiatan religis ini Ketua Tim Penggerak PKK Koltim, Diana Massi, istri Bupati Koltim, almarhum Samsul Bahri Madjid.

(rul/dm1)
Komentar anda :
Bagikan dengan: