Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Boalemo Bertekad Tingkatkan Minat Baca Menuju Boalemo Cerdas

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BOALEMO: Guna meningkatkan minat baca masyarakat Boalemo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo pun saat ini menggiatkan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan mengadakan perpustakaan keliling.

Upaya ini dilakukan dengan cara memanfaat beberapa kendaraan roda empat (mobil) khusus yang dioperasikan untuk menjangkau seluruh sekolah, terutama sekolah-sekolah terpencil di wilayah Kabupaten Boalemo.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Boalemo, Ismet Nono, perpustakaan keliling ini tidak hanya diperuntukan bagi para siswa di sekolah-sekolah. Namun juga adalah untuk seluruh kalangan.

“Tujuannya, untuk memancing minat sadar baca mereka. Dan tidak lupa pula kami operasikan pepustakaan keliling ini ke tempat-tempat wisata pada hari sabtu dan minggu, serta di tempat-tempat hiburan di mana masyarakat berkumpul. Hal ini kami lakukan agar masyarakat sadar baca di manapun mereka berada,” jelas Ismet.

Namun, Ismet mengakui, sejauh ini pihaknya belum bisa menjangkau semua kalangan di seluruh wilayah di Kabupaten Boalemo, dikarenakan masih adanya sejumlah keterbatasan, seperti jumlah armada perpustakaan keliling. Sehingga saat ini pengoperasian perpustakaan keliling ini untuk sementara hanya bisa dilakukan di sejumlah tempat tertentu.

Ismet mengungkapkan, optimalisasi pemamfaatan mobil perpustakaan keliling ini dilakukan dengan melalui pola kemitraan dengan berbagai elemen, seperti lembaga pendidikan, dinas-dinas terkait, LSM, KNPI, dan lain sebagainya.

“Pola kemitraan yang kami lakukan tersebut bisa membantu kami untuk lebih optimal dalam meningkatkan minat baca kepada masyarakat itu sendiri,” ujar Ismet.

Selain itu, Ismet juga menyebutkan seputar kearsipan. “Terkait kearsipan, di saat masyarakat atau pihak-pihak lain yang membutuhkan arsip daerah, kami di sini menyimpan semuanya dengan rapi. Tapi tidak sembarangan juga kami memberikan arsip, tetap ada prosedur-prosedur untuk memberikan kepada yang membutuhkan,” jelas Ismet.

Ke depan, lanjut Ismet, pihaknya optimis menuju ke perpustakaan digital. Namun, menurutnya, untuk mewujudkan semua optimisme tersebut, tentu saja diperlukan banyak pembenahan dan peningkatan yang dapat dilakukan secara bertahap, terutama dalam hal sumber daya manusia di Kabupaten Boalemo. (kab/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

2,349 views

Next Post

Pemda Boalemo Ajak Patuhi Ketentuan BPJS Ketenagakerjaan

Sel Des 12 , 2017
Wartawan: Kisman Abubakar~ Editor: AMS DM 1.CO.ID, BOALEMO: Bupati sangat menaruh perhatian besar terhadap kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dimana semua perusahaan wajib hukumnya mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena ini merupakan amanah UU. Komentar anda :