Dari Rakor Coaching e-Sakip & e-Anjab, Pj. Bupati Sulwan: Koltim Alami Peningkatan

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si selaku Pj. Bupati Kolaka Timur (Koltim), membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Coaching Clinic Aplikasi e-Sakip (elektronik-Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dan e-Anjab (elektronik-Analisis Jabatan), serta Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) se-Kabupaten Koltim.

Kegiatan yang dilangsungkan dari tanggal 1 hingga 5 Agustus 2022 itu, digelar di Hotel Zahra Syariah, Kota Kendari. Diikuti oleh para Kepala OPD, Camat serta tenaga teknis yang menangani e-Sakip dan e-Anjab se-Kabupaten Koltim, dengan menghadirkan sejumlah nara-sumber, di antaranya tim Asesor/Evaluastor SAKIP dan RB Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Direktur CV Putra Purnama Indonesia sebagai penyedia aplikasi e-Sakip dan e-Anjab Koltim.

Pj Bupati Koltim, Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si pada kegiatan tersebut dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya.

“Berdasarkan surat Kemen PAN-RB Nomor: B/1249/AA.05/2022 tentang Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2021, Alhamdulillah Kabupaten Kolaka Timur dari tahun ke tahun tingkat efektivitas, dan sinkronya antara penganggaran atau perencanaan kegiatan dan hasil kinerja, mengalami peningkatan,” beber Pj. Bupati Sulwan.

Dan berdasar dari pencapaian itu, menurut Pj. Bupati Sulwan, maka dilakukanlah launching pengadaan aplikasi e-Sakip dan e-Anjab Koltim yang dilaksanakan bersamaan dengan Coaching Clinic terhadap kedua aplikasi tersebut.

Kegiatan ini, menurut Pj. Bupati Sulwan, juga sekaligus sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur dalam menjawab beberapa catatan Kemen PAN-RB terkait pemenuhan kinerja dan pemenuhan sumber daya.

Pj. Bupati Sulwan pun berharap  dengan aplikasi ini hendaknya dapat secara mandiri mengontrol kualitas perencanaan, pengukuran dan kualitas kinerja serta kualitas sumber daya yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

“Saya mengimbau kepada seluruh peserta, khususnya seluruh Pimpinan Perangkat Daerah, agar apa yang kita laksanakan hari ini dapat kita ambil dan aplikasikan sebagai salah satu langkah untuk membangun daerah kita. Sehingga cita-cita untuk mencapai masyarakat Kolaka Timur yang aman, tenteram dan sejahtera dapat kita capai,” pinta Pj. Bupati Sulwan.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama, Marsalim, S.Pd selaku Kepala Bagian Ortala (Organisasi dan Tata Laksana) Koltim dalam laporannya mengatakan, saat ini nilai Sakip Koltim berada di point 51,59 dengan predikat CC, dan untuk nilai RB berada di point 18,77 dengan predikat C. (rul-red/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

49 views

Next Post

Di Ueesi, Pj Bupati Koltim Serahkan Bantuan Cadangan Pangan

Rab Agu 10 , 2022
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pemerintah memiliki tanggung-jawab untuk menjamin kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau. Serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara […]