Camat Suwawa Selatan Salurkan APD, Kades Bonda Raya: Tak Pakai Masker tidak Dilayani

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Kepala Desa (Kades) Bonda Raya, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, mengapresiasi bantuan logistik berupa APD (Alat Pelindung Diri) yang dilakukan oleh Camat Suwawa Selatan, pada Kamis (7/5/2020), di kantor Desa Bonda Raya.

Penyerahan bantuan yang terdiri dari masker, ember keran cuci tangan, dan sabun, yang disaksikan oleh Heri Harmain selaku pendamping desa se-Kecamatan Suwawa Selatan itu, langsung diserahkan ke masyarakat pada hari itu juga.

Pada kesempatan tersebut, Oktavianus Tangahu selaku Camat Suwawa Selatan menyatakan, bantuan ini jangan dianggap sepele, dan jangan dilihat dari bentuknya saja. Melainkan harus dilihat dari kegunaan dan manfaatnya pada situasi pandemik Covid19 seperti saat ini.

“Sesungguhnya mencuci tangan adalah kunci utama dalam hal pemutusan mata rantai dari Covid19 ini, serta tameng bagi diri sendiri,” kata Ayah Oyis (sapaan akrab Camat Oktavianus Tangahu).

Sementara itu Kades Mohamad Alim menjelaskan, semenjak Provinsi Gorontalo dinyatakan Siaga terhadap serangan virus Corona, Desa Bonda Raya sudah langsung bekerja dengan membentuk Relawan Covid19.

Terlebih dengan saat ini, lanjut Kades Mohamad Alim, Provinsi Gorontalo sejak Senin (4/5/2020) telah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), membuat Pemerintah Desa Bonda Raya pun terus meningkatkan kewaspadaan dalam upaya pencegahan penyebaran virus ini.

Kades Mohamad Alim mengakui, pihaknya sejauh ini lebih intens melakukan langkah-langka pengamanan di desanya. Yakni, dengan menerapkan seluruh aturan-aturan mendesak terkait penanganan masalah pandemik virus Corona ini. Salah satunya, adalah dengan pergeseran Dana Desa Darurat guna menyikapi situasi saat ini.

Tentu saja, menurut Kades Mohamad Alim, proses pergeseran dana hingga kepada tahap implementasinya, seperti penyaluran segala bentuk bantuan ke masyarakat, itu harus dilakukan secara transparansi.

Begitupun, kata Kades Mohamad Alim, dengan bantuan dari pihak Kecamatan Suwawa Selatan ini, dilakukan secara terbuka dan transparan.

Menurut Kades Mohamad Alim, saat ini pemerintah terus berupaya memberikan bantuan bukan cuma dari segi kebersihan saja, namun tetap paling utama adalah makanan sebagai “tameng” dalam memerangi Covid19.

“Bantuan tersebut akan kita sampaikan secara transparan, dan tidak akan ada yang ditutup-tutupi, hingga sampai di tangan penerima bantuan yang dianggap layak oleh pemerintah,” ujar Kades Mohamad Alim.

Kepada masyarakat Desa Bonda Raya, Kades Mohamad Alim pun mengingatkan agar tetap mematuhi  peraturan dari pemerintah terkait pencegahan penyebaran wabah virus ini. “Mari kita  sama-sama mematuhi peraturan atau edaran pemerintah provinsi maupun kabupaten,” tutur Kades Mohamad Alim.

“Dan juga saya telah memberikan suatu ultimatum kepada masyarakat bilamana ada yang hendak ke kantor desa untuk minta pelayanan kepada kami, namun tidak memakai masker, maka dengan sangat menyesal kami tidak akan layani,” tegas Kades Mohamad Alim. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: