Bupati Koltim Tekankan Perlunya Pengelolaan Keuangan Daerah yang Baik

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pelaporan mencerminkan kegiatan keuangan pemerintah daerah yang menunjukkan ketaatan terhadap pelaksanaan APBD. Dengan demikian, Laporan Realisasi Anggaran menyajikan pendapatan pemerintah daerah selama satu periode.

Pengelolaan keuangan yang baik, menjadi salah satu kunci sukses pelaksanaan pembangunan yang baik pula.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Koltim, Hj Andi Merya Nur, S.IP, saat membuka kegiatan Rekonsiliasi dalam rangka Penyusunan Laporan Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah Koltim Tahun 2021, di Aula Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kolaka Timur, Selasa (8/6/2021).

Hadir dalam kegiatan itu antara lain, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Koltim, Aspian Suute S.KM, Asisten III serta para pimpinan OPD lainnya.

Bupati Merya menyampaikan, guna memenuhi akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sebagai konsekuensi atas pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah, adalah sebagai salah satu instrumen untuk menyejahterakan masyarakat.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah sangat sadar sepenuhnya akan pentingnya mengelola keuangan daerah dengan baik dalam rangka mewujudkan konsep pembangunan yang baik atau good governance.

Semua itu, menurut Andi Merya, dapat dilaksanakan hanya dengan komitmen yang kuat serta integritas yang tinggi di semua entitas dalam mengimplementasikan, baik sektor perencanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban dengan tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan.

Dikatakannya pula, dalam aspek pelaporan dan pertanggungjawaban, sebagai pertanggungjawaban kepala daerah atas pengelolaan keuangan APBD pemerintah daerah, perlu melakukan langkah-langkah strategis, kususnya dalam menghasilkan sistem pelaporan yang berkualitas dijabarkan dalam pelaporan realisasi penerimaan dan pengeluaran kas daerah Kabupaten Kolaka Timur setiap tahunnya, khususnya pada Tahun anggaran 2021.

Selanjutnya, Bupati Merya juga menyebutkan, rekonsiliasi ini merupakan kegiatan yang sangat strategis, yang secara berkala tetap dilaksanakan guna meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, kualitas laporan keuangan pemerintah daerah kita sangat ditentukan oleh kualitas laporan keuangan yang disusun oleh peserta rekon pada hari ini, khusunya rekonsiliasi gaji dan lain-lain PAD yang sah. (rul/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

308 views

Next Post

Dari Apel Satgas PPKM di Desa Poduwoma, Ini Pesan Kades Yusuf Puneli

Ming Agu 8 , 2021
DM1.CO.ID, BONE-BOLANGO: Aparat Pemerintahan Desa se-Kecamatan Suwawa Timur, Sabtu (7/8/2021), menggelar apel Satuan Tugas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (Satgas-PPKM) Covid19. Komentar anda :