Bangun Desa Sogitia, Ayah Mito Sejak Dulu Aktifkan Huyula Sekali Seminggu

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Di bawah kepemimpinan Sumitro Lopuo, SH.I selaku Kepala Desa (Kades) Sogitia, kegiatan pembangunan selalu berjalan dengan baik di desa yang terletak di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango ini.

Bahkan, sejumlah kegiatan yang tak masuk dalam rencana kerja anggaran pun, mampu diusahakan oleh Ayah Mito (sapaan akrab Sumitro Lopuo) untuk dapat dilaksanakan, salah satunya adalah pembuatan jalan akses menuju perkebunan masyarakat.

Hal itu mampu dilakukan, karena selama ini Ayah Mito sejak dulu telah menggalakkan atau menerapkan “Huyula” atau kerja bakti secara gotong-royong yang dilaksanakan sekali seminggu, yakni dengan melibatkan seluruh warganya.

Bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan tokoh masyarakat Desa Sogitia, pada Ahad (26/12/2021) Ayah Mito pun kembali melakukan Huyula (gotong-royong) mengerjakan jalan akses menuju perkebunan masyarakat tersebut.

Menurut Ayah Mito, kegiatan pengerjaan jalan ini pastinya rutin untuk dilakukan sebagai kerja-bakti mingguan, dan terbilang wajib dilaksanakan oleh semua warga.

Ayah Mito menegaskan, selama dirinya masih menjabat sebagai kepala desa di Sogitia ini, maka kegiatan “Huyula” mingguan ini harus tetap dilaksanakan.

Salah satu alasan yang membuat Ayah Mito harus serius mengerjakan jalan akses perkebunan itu secara Huyula, yakni karena jalan itu adalah satu-satunya akses bagi para petani di desanya untuk menuju ke perkebunan.

“Saya basic-nya (dasar) berasal dari keluarga petani. Orang tua saya juga demikian, dan masyarakat saya selain sebagai nelayan, juga mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Sehingga bagi saya memudahkan akses jalan mereka itu adalah kegiatan wajib dilakukan,” jelas Ayah Mito.

Mengenai pembuatan jalan rabat tani, menurut Ayah Mito, akan terus ia pressure (menekan dan memperjuangkannya dengan maksimal) baik di tingkat desa, kecamatan,  hingga ke tingkat kabupaten.

“Di setiap ada anggaran yang bisa di selipkan untuk akses jalan rabat tani, saya berusaha sebisa mungkin untuk mengeksekusinya, terbukti dengan akses jalan ke sana semakin mudah saja walaupun belum dipatenkan,” terangnya.

“Saya sebagai kepala desa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang terus berpartisipasi dan mendukung dalam suksesnya pelaksanaan kegiatan rutin gotong-royong yang dilaksanakan setiap hari Ahad itu. Dan semoga menjadi amal jariah untuk kita semua,” pungkas Ayah Mito. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

423 views

Next Post

Terima SK Jadi Bupati Boalemo Definitif, Anas Jusuf “Lengserkan” Darwis Moridu?

Sel Des 28 , 2021
DM1.CO.ID, BOALEMO-EDITORIAL: Setelah dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati terpilih Darwis Moridu (DM) dengan Anas Jusuf (AJ), pada Senin Tanggal 22 Mei tahun 2017, pasangan berjuluk “Damai” itupun sah memimpin Kabupaten Boalemo karena memperoleh suara sebanyak 48.900 suara (60,30%) dari total jumlah pemilih di Kabupaten berslogan: “Damai Bertasbih” itu. Namun […]