Walikota Gorontalo Dukung Pengembangan Tempat Pengasuhan Anak

Wartawan: Alfisahri Pakaya-
Editor: AMS

DM1.CO.ID, GORONTALO: Walikota Gorontalo, Marten Taha, menyatakan dukungannya terhadap upaya pengelolaan Tempat Pengasuhan Anak (TPA) secara baik di Kota Gorontalo.

Hal itu dibuktikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dengan menggelar kegiatan advokasi pengembangan fasilitas tempat pengasuhan anak, pada Rabu (10/5/2017), di Aula Naca’s Kota Gorontalo.

Kegiatan yang diikuti 75 peserta yang berasal dari berbagai tempat pengasuhan anak se-Kota Gorontalo ini, selain dihadiri Walikota Gorontalo, juga menghadirkan Harun Daluku dari Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo sebagai pembawa materi.

Adapun materi yang disajikan pada kegiatan tersebut, yakni membahas mengenai pola pengasuhan anak dalam perspektif Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Dari acara tersebut terungkap beberapa tujuan yang patut menjadi perhatian agar dapat diwujudkan dalam pelaksanaan TPA. Di antaranya adalah, pengembangan fasilitas; terbentuknya pola didik anak berbasis tentang asah, asih, asuh; dan juga terjaminnya kesehatan dan keamanan anak.

Hal tersebut penting, mengingat dari hasil pemantauan di lapangan, didapatkan masih banyaknya Tempat Pengasuhan Anak yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemerintah.

Olehnya itu Walikota Marten Taha menegaskan, bahwa dengan dilaksanakan kegiatan advokasi ini diharapkan agar lembaga-lembaga yang memfasilitasi Tempat Pengasuhan Anak di Kota Gorontalo ini, bisa menjalankan tugas dan kewajibannya sebagaimana mestinya.

Walikota pun berharap, bahwa dengan diberikannya fasilitas dan advokasi, maka para pembina dan pengasuh TPA hendaknya dapat lebih meningkatkan kualitas dan profesionalisme, terutama dalam mengawasi anak-anak dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Marten Taha juga menyampaikan satu informasi penting. Yakni, Pemerintah Kota Gorontalo saat ini telah membentuk satu lembaga baru. Yaitu, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Marten Taha penjelaskan, tujuan dibentuknya lembaga baru ini adalah sebagai upaya untuk menangani berbagai hal menyangkut kehidupan. Mulai seputar masalah anak-anak, perempuan, ibu-bapak, hingga pada masalah pengendalian penduduk di Kota Gorontalo.

Olehnya itu, Walikota menaruh harapan kepada seluruh masyarakat, agar senantiasa mendukung upaya pemerintah demi kemajuan pembangunan di daerah ini.

(k17/DM1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.108 views

Next Post

Situs tempo.co Diretas: “Bebaskan Ahok!”

Kam Mei 11 , 2017
DM1.CO.ID, JAKARTA: Situs berita media nasional Tempo (tempo.co), pada Kamis (11/5/2017) dini hari mendadak mengalami gangguan, alias tidak bisa dibuka lantaran diretas. Komentar anda :