Tak Mesti di Kantor Desa, Kades Molamahu Gelar Musdes di Dusun: Bahas Hewan Kurban & Pembangunan Masjid

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO:  Kepala Desa Molamahu, Erwis Tumuhulawa, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) di Dusun II (Manteha), pada Kamis (5/8/2021), di rumah salah seorang warga dusun setempat bernama Irwan Moputi.

Musdes yang memang telah diagendakan tersebut selain dilaksanakan dalam rangka pembentukan kelompok hewan kurban, juga adalah sekaligus untuk membahas secara matang lanjutan pembangunan Masjid al-Hijrah Desa Molamahu, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Kades Erwis di awal sambutannya menyampaikan, bahwa jika Musdes seperti ini sebelum-sebelumnya dlaksanakan di kantor desa, maka kali ini dilakukan di tempat lain, yakni di salah satu rumah warga di Dusun II Manteha.

Artinya, kata Kades Erwis, untuk melaksanakan musyawarah desa itu tidaklah mesti dilakukan di kantor desa. “Apalagi mengingat jarak wilayah Dusun Dua (Manteha) ini dengan kantor desa, itu kurang lebih 700 Meter, makanya dilaksanakan di rumah warga yang ada di Dusun Dua ini, yaitu di rumah Bapak Irwan Moputi,” jelas Kades Erwis.

Musyawarah desa yang tidak dilakukan di kantor desa seperti saat ini, menurut Kades Erwis, juga adalah tentunya merupakan wujud pemberian pelayanan secara dekat dan langsung terhadap masyarakat.

Jadi, lanjut Kades Erwis, musyawarah desa ini adalah menjadi salah satu perhatian dari Pemerintah Desa Molamahu dalam rangka mendekatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, pembentukan kelompok hewan kurban sukses dilaksanakan. Begitupun dengan pembahasan pembangunan lanjutan Masjid al-Hijrah, membuat para peserta Musdes tampak antusias, sehingga mampu menghasilkan sejumlah kesepakatan penting.

Masjid di desa ini, kata Kades Erwis, sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat sebagai tempat atau pusat kegiatan ibadah bagi umat Islam. Sehingga itu, pembangunan lanjutan masjid ini harus disegerakan untuk diselesaikan, agar masyarakat Muslim di desa ini dapat dengan mudah dan nyaman menunaikan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan ibadah dan keagamaan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua BPD, Ismet Koniyo, yang juga selaku ketua Takmirul Masjid al-Hijrah, secara khusus mengapresiasi langkah Kades Erwis yang melaksanakan Musdes di Dusun Dua tersebut.

“Ini sudah dua kali Pemerintah Desa Molamahu di bawah kepemimpinan Kades Erwis Tumuhulawa melaksanakan musyawarah di Dusun Dua (Manteha),” ungkap Ismet Koniyo didampingi seorang Takmirul Masjid al-Hijrah lainnya, Mahmud Mooduto.

Senada dengan Kades Erwis, Ismet Koniyo juga menyebutkan bahwa Musdes seperti ini memiliki tujuan untuk mendekatkan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat. “Karena pelayanan kepada masyarakat tidak harus di kantor desa, melainkan di mana saja,” tutur Ismet Koniyo.

Dalam pembahasan lanjutan pembangunan masjid al-Hijrah, kata Ismet, warga Dusun II Manteha tampak sangat antusias. Mereka menyatakan tekad akan memberikan dukungan tenaga, pikiran, bahkan dana pribadi demi kelanjutan pembangunan masjid tersebut. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

330 views

Next Post

Bupati Koltim Tekankan Perlunya Pengelolaan Keuangan Daerah yang Baik

Jum Agu 6 , 2021
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pelaporan mencerminkan kegiatan keuangan pemerintah daerah yang menunjukkan ketaatan terhadap pelaksanaan APBD. Dengan demikian, Laporan Realisasi Anggaran menyajikan pendapatan pemerintah daerah selama satu periode. Komentar anda :