Sosialisasi Penyesuaian Tarif di Kota Selatan, Ini Penjelasan Direktur PDAM Kota Gorontalo

DM1.CO.ID, GORONTALO: Saat ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Gorontalo sedang melakukan sosialisasi penyesuaian tarif kepada masyarakat di seluruh kecamatan. Kali ini, Senin (24/2/2020) digelar di Kantor Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, H. Isman Darise, SE, Ak, MM selaku Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Kota Gorontalo menjelaskan beberapa hal penting. Di antaranya, bahwa sejak 2008 sampai dengan 2019, PDAM Kota Gorontalo belum pernah menaikan tarif atau penyesuaian tarif.

Isman Darise mengungkapkan, PDAM Kota Gorontalo sudah lebih 11 tahun belum melakukan penyesuaian tarif, yakni sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang. “Berdasarkan Permendagri Nomor 23 Tahun 2006, PDAM Kota Gorontalo melakukan hal-hal yang strategis sebelum melakukan pengusulan penyesuaian tarif ke pemerintah daerah dalam hal ini, Wali Kota Gorontalo,” ujar Isman.

Isman Darise mengungkapkan, rencana penyesuaian tarif tersebut akan diberlakukan oleh PDAM Kota Gorontalo pada 1 Maret 2020. Dan perberlakuan penyesuaian tarif ini adalah sesuai dengan Peraturan Wali Kota Nomor 44 Tahun 2019.

Sesuai keputusan bersama dengan pihak KPN dan DPRD Kota Gorontalo, Isman menyebutkan, penyesuaian tarif ini disepakati sebesar 62 persen dari tarif yang lama. Dan penyesuaian tarif PDAM Kota Gorontalo ini, kata Isman, dilakukan dengan dua metode. Yakni, kajian akademik dan juga kajian finansial.

Dikatakannya, penetapan tarif ini didasarkan pada prinsip keterjangkauan dan keadilan, mutu pelayanan, pemulihan biaya, efisiensi pemakaian air, transparansi dan akuntabilitas, dan perlindungan air baku.

Kendati demikian, menurut Isman Darise, seluruh masukan dan pandangan yang muncul dalam kegiatan sosialisasi ini akan dilaporkan kepada Wali Kota Gorontalo. “Akan kami konsultasikan dulu ke Pak Wali Kota sebagai stakeholder dari PDAM Kota Gorontalo ini. Jadi tetap kami laporkan karena pak Wali Kota adalah merupakan pemegang kuasa modal di PDAM Kota Gorontalo,” terang Isman.

Isman Darise mengaku mengapresiasi sambutan masyarakat di Kecamatan Kota Selatan terhadap pelaksanaan sosialisasi ini hingga dapat berlangsung dengan lancar dan sukses. “Masyarakat dan para undangan yang hadir menyatakan tidak keberatan dengan penyesuaian tarif yang kami tawarkan, sepanjang itu adalah untuk kemajuan PDAM dan demi kepentingan orang banyak,” ungkap Isman.

Ungkapan rasa syukur pun dilontarkan Isman Darise. Sebab secara umum, masyarakat dinilai mendukung dengan rencana untuk diberlakukannya penyesuaian tarif. “Dan masyarakat nampak memahami keberadaan kami sebagai pengelola penyedia air di Kota Gorontalo ini,” ujar Isman.

Momen sosialisasi ini dihadiri mayoritas dari kalangan ibu-ibu rumah tangga yang secara antusias mengikuti arahan dan penjelasan yang disampaika Isman Darise selaku Plt Direktur PDAM Kota Gorontalo.

Kegiatan sosialisasi  penyesuaian tarif ini juga diikuti oleh aparat kantor kecamatan bersama unsur TNI/Polri serta sejumlah aparat kelurahan lainnya di Kecamatan Kota Selatan.

(ical/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

0 views

Next Post

Antisipasi Dampak Wabah Corona, Marten Taha: NU Telah Ambil Langkah Serius

Sel Feb 25 , 2020
Wartawati/Editor: Dewi Mutiara DM1.CO.ID, GORONTALO: Wabah Virus Corona atau COVID-19 telah menyita perhatian seluruh dunia. Tercatat sebanyak 14 negara telah terinfeksi virus mematikan ini. Dampak virus Corona secara global mengakibatkan angka kematian mencapai 2.858 jiwa, sementara jumlah korban yang terdeteksi Covid-19 ini telah menembus angka 83.652 kasus. Hal tersebut disampaikan […]