Setelah Banjir, Boalemo Digoyang Gempa 5,3 Magnitude

Bagikan dengan:

Wartawan: Kisman Abubakar~ Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, BOALEMO: Meski baru saja diterpa bencana banjir beberapa waktu lalu, masyarakat Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, kembali dikejutkan dengan gempabumi berkekuatan Magnitude 5,3.

Gempabumi yang terjadi pada Ahad malam (24/2/2019) pukul 21:29:33 WITA itu, mengguncang wilayah Kabupaten Boalemo dengan titik pusat gempa berada di darat Kota Tilamuta (ibukota Kabupaten Boalemo), pada kedalaman 71 Km.

Analisis BMKG menunjukkan, Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,51 LU dan 122,23 BT, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km arah Barat Daya Kota Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

Berdasarkan keterangan resmi melalui website BMKG, guncangan dirasakan di beberapa wilayah di antaranya, Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato dalam skala intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity), serta wilayah Kwandang (Kabupaten Gorontalo Utara) dalam skala intensitas II MMI.

Informasi dari website resmi BMKG juga mencantumkan, bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami, dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut.

Meski hasil monitoring BMKG hingga pukul 21:51 WITA, menunjukkan belum adanya aktivitas gempa susulan (aftershock), namun masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang belum pasti kebenarannya.

Untuk pengambilan informasi, pastikan info yang didapat bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui jalur komunikasi resmi yang telah terverifikasi, yakni Instagram/Twitter (@infobmkg), website (www.bmkg.go.id). (kab/dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up