Selasa Dini Hari Tadi, Gempa Bumi Magnitudo 7,4 Guncang Kalsel

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, KAL-SEL: Perairan wilayah Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), atau tepatnya di Laut Selat Makassar, diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4, pada Selasa dini hari (29/8/2023) pukul 03.55 WITA.

Demikian keterangan sekaligus notifikasi aplikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang diterima redaksi DM1, pada Selasa dini hari (29 Agustus 2023).

Kendati terbilang berkekuatan cukup tinggi, namun menurut hasil analisis BMKG, gempa bumi yang berlokasi di 180 Km Tenggara Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel tersebut dinyatakan TIDAK berpotensi Tsunami.

Titik gempa berada di koordinat 4,38 LS (Lintang Selatan) dan 116,90 BT (Bujur Timur) itu, berada di kedalaman 10 Km. Dan getarannya dirasakan di seluruh wilayah Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu, serta sejumlah daerah pesisir di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Meski tidak berpotensi tsunami, namun pihak BMKG tetap memperingatkan masyarakat agar senantiasa waspada, terutama dengan gempa bumi susulan. “Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” demikian peringatan BMKG. (red/dm1).

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

109 views

Next Post

Penutupan HUT-RI ke-78 & Perpisahan Mahasiswa KKN-UNG di Desa Molamahu Berlangsung Haru

Sab Sep 2 , 2023
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Seluruh pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tingkat Desa Molamahu, dinyatakan berakhir dan ditutup secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) setempat dalam acara penutupan yang diselenggarakan pada Jumat (1/9/2023). Komentar anda :
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296