Selang 8 Jam, Tojo Una-una 2 Kali Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,9 dan 6,5

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, TOJO UNA-UNA: Dari laman gempabumi terkini Badan Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, bahwa Wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (Sulteng), diguncang gempa bumi dua kali dalam selang waktu sekitar 8 jam.

Yakni, gempa bumi pertama berkekuatan Magnitudo 5,9, terjadi pada Senin siang (26/7/2021) pukul 11.52 WITA di 55 Km Timur Laut Kabupaten Tojo Una-una, dengan titik gempa berada di koordinat 0,73 LS (Lintang Selatan) dan 128,87 BT (Bujur Timur).

Gempa bumi pertama yang terjadi di kawasan Teluk Tomini itu berada di kedalaman 10 Km, dirasakan mulai dari Kepulauan Togian, Luwuk, Poso, Palu, Moutong, Provinsi Gorontalo, hingga sebagian Bolsel.

Selanjut, selang sekitar 8 jam, atau pada Senin malam (26/7/2021) pukul 20.09, Tojo Una-una kembali diguncang gempa bumi dengan kekuatan yang lebih besar, yakni Magnitudo 6,5.

Gempa bumi susulan ini juga terjadi di laut 59 Km di Timur Laut Tojo Una-una pada kedalaman 10 Km dengan titik koordinat yang nyaris sama dengan gempa bumi pertama, yakni di 0,73 LS  dan 121,92 BT, dirasakan di wilayah yang sama saat gempabumi pertama, namun dengan getaran lebih kuat, yang meliputi Ampana, Poso, Morowali, Bolmong Selatan (Bolsel), Bolmong Timur, Kotamobago, Buol, Bone, Bobong, Konawe Utara, Tomohon, Manado, Kolaka Utara, Masamba, Mamuju Tengah, hingga Polewali.

Ketika merasakan dan mengetahui gempa bumi kedua itu berkekuatan yang cukup besar, membuat mayarakat di Kabupaten Tojo Una-una pun langsung berhamburan keluar rumah, dan bahkan tidak sedikit yang bergegas berlarian menuju daerah ketinggian untuk mengamankan diri. 

Namun kepada masyarakat, BMKG mengimbau agat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, BMKG dalam laman resminya juga menyatakan, kedua gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun demikian, masyarakat diminta agar senantiasa berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. (msy /dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

643 views

Next Post

Hari Bhakti TNI AU ke 74: Satradar 232/Dumai Gelar Aksi Kemanusiaan

Sel Jul 27 , 2021
DM1.CO.ID, DUMAI: Momentum Hari Bhakti Tentara Nasional Indonesia  Angkatan Udara (TNI-AU) ke-74 yang diperingati pada setiap 29 Juli, untuk kali ini dimanfaatkan oleh Satuan Radar (Satradar) 232/Dumai dengan menggelar dua kegiatan, yakni donor darah dan Bantuan Sosial (Bansos) berupa Sembako. Kegiatan kemanusiaan dan aksi sosial yang diselenggarakan di Gedung Sutrisno […]
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296