Sebentar Lagi RSAS Raih Akreditasi Paripurna

Bagikan dengan:
Wartawan: Alfisahri Pakaya~
Editor: AMS

DM1.CO.ID, GORONTALO: Kunjungan tim surveior dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ke Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) Kota Gorontalo, tentulah merupakan sebuah harapan besar agar RSAS dapat segera meraih sertifikat ak-reditas Paripurna.

Terdapat empat surveior dari KARS yang akan menilai akreditasi RSAS. Mereka adalah dr. Sri Pratomo, Sp.B FinaCS, FICS; A. Dewi Batari S.S., S.Kep Ns. M.Kes; dr. Danial Malik Hadibrata,Sp.PK, dan dr. Ramli Isa Kukuh, MHA.

Pada kunjungan atau visitasi tim asesor akreditasi yang berlangsung pada Selasa (12/9/2017) tersebut, Walikota Gorontalo Marten Taha menyatakan rasa hormat serta ungkapan terima kasih atas kehadiran tim KARS dari Kementerian Kesehatan-RI tersebut.

Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) kepada manajemen rumah sakit, karena dinilai telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Terdapat empat tingkatan akreditasi yang ditetapkan KARS berdasarkan sistem akre-ditasi versi 2012, yakni tingkat Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

Untuk mencapai tingkat Paripurna, suatu rumah sakit harus lulus penilaian 15 program kerja dengan nilai rata-rata minimal 80%, yaitu kelompok standar pelayanan berfokus pada pasien, kelompok standar manajemen rumah sakit, sasa-ran keselamatan pasien rumah sakit dan sasaran milenium development goals.

Walikota menyebutkan, akreditasi sebuah lembaga, apalagi rumah sakit, sangat penting dalam mendukung pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Sebab, dengan berhasilnya RSAS meraih sertifikat akreditasi Paripurna, sudah tentu masyarakat dapat memperoleh layanan yang lebih baik dan berkualitas.

Walikota menggarisbawahi, bahwa masyarakat dapat disebut memperoleh layanan yang memadai apabila memiliki indikator berupa parameter atau ukuran yang telah tersedia dengan memadai pula.

Marten Taha pun menekankan, bukan hanya soal layanan, tetapi ketersediaan sarana dan prasarana serta fasilitasnya harus tersedia dan dimanfaatkan dengan baik dan tepat.

Selain itu, kata Marten, Sumber Daya Manusia (SDM) tentu saja merupakan hal yang juga tak kalah pentingnya dalam pemberian layanan kepada masyarakat. tersedia.

Walikota juga mengingatkan, bahwa selama ini RSAS terus berbenah bukan semata untuk hanya meraih sertifikat akreditas Paripurna. “Namun lebih dari itu, hakekat dari akreditasi yang diraih

oleh RSAS ini sebagai cerminan dari layanan rumah sakit kepada masyarakat. Dan itu kami ingin tahu dari tim yang menilai,” tutur Marten.

Diungkapkannya, sejauh ini Pemerintah Kota Gorontalo selalu berhasil berinovasi dalam mengembangkan daerah. Olehnya itu, Marten berharap RSAS selangkah lagi akan meraih akreditasi Paripurna.

“Setelah Adipura, kami berharap RSAS bisa terakreditasi paripurna. Untuk mewujudkan target akreditasi paripurna, bisa di-wujudkan dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas,” pesan Marten. (alf/dm1)

Bagikan dengan:

Muis Syam

2,251 views

Next Post

Program “KOTAKU” Mulai Berjalan

Kam Sep 14 , 2017
Wartawan: Alfisahri Pakaya~ Editor: AMS DM1.CO.ID, GORONTALO: Penanganan kawasan kumuh melalui program KOTAKU mulai dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo. Hal itu terlihat saat Walikota Gorontalo meninjau pekerjaan berskala lingkungan dari program Kotaku di Kelurahan Biawu dan Ipilo, Rabu, (13/9).