Sawal Syarifudin Resmi Jabat “Panglima” PNS di Koltim

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sawal Syarifudin S. Sos. M.AP, akhirnya ditunjuk sebagai “Panglima” Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Koltim, yakni Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda), menggantikan posisi Belli Harli Tombili, Kamis (14/4/2022).

Penunjukkan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah dan dilantiknya Sawal Syarifudin secara resmi sebagai Pj Sekda, pada Kamis (14/4/2022).

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan pada ketentuan dan pertimbangan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor B-3279/KASN/9/2021, tanggal 24 September 2021, perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama Sekretari Daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur.

 

Selain itu, pelantikan tersebut juga merujuk pada surat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nomor: 133.74/1153, tanggal 7 Maret 2021, perihal rekomendasi pengangkatan dan pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur.

Pelantikan itu pula berdasarkan hasil konsultasi bersama Kasubbid wilayah III Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 12 April 2022, di Kementerian Dalam Negeri.

Pelantikan Sawal yang juga mantan Camat Aere ini dilakukan oleh Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas, bertempat di lantai III Aula Kantor Bupati Koltim.

Dalam pelantikan itu, tampak hadir sejumlah pejabat. Di antaranya Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir; Belli Harli Tombili (mantan Pj Sekda Koltim sekaligus Kadis Pariwisata Sultra), serta pejabat eselon II dan III lingkup Pemda Koltim.

 

Bupati Sulwan pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur tersebut, merupakan tindak lanjut dari kegiatan hasil seleksi terbuka yang telah dilaksanakan di tahun 2021 untuk mengisi kekosongan jabatan.

Menurut Bupati Sulwan, kegiatan pelantikan pejabat di setiap instansi pemerintah juga merupakan bagian dari hirarki organisasi pemerintahan. Dengan maksud adalah untuk memantapkan peningkatan kapasitas kelembagaan. Pelantikan itu pula merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai serta upaya peningkatan kinerja.

“Pelantikan pejabat bukan sekadar menempatkan figur pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu, tetapi dapat dimaknai dari sudut kepentingan organisasi,” ujar Bupati Sulwan.

Tantangan pembangunan ke depan bagi Kolaka Timur, kata Bupati Sulwan, akan semakin berat. “Sehingga saya mengingatkan kepada Sekda yang baru saja dilantik, untuk membantu saya membereskan pekerjaan rumah. Demi mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur yang berdaya saing, maju dan sejahtera,” kata Bupati Sulwan.

Bupati Sulwan juga menitip pesan kepada Sawal Syarifudin agar senantiasa dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab, dan sesegera mungkin  menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di tempat kerja yang baru.

Pada akhir sambutannya, Bupati Sulwan mengajak semua unsur aparatur negara untuk terus membangun kualitas pribadi yang memiliki pola sikap disiplin dan jujur.

Sebab, menurut Bupati Sulwan, memiliki pola pikir yang cepat dan inovatif merupakan upaya untuk mewujudkan pelayanan prima dalam suatu tatanan organisasi pemerintahan yang baik atau lean Government serta pemerintahan yang baik atau Good Governance. (rul/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

922 views

Next Post

Dari Peluncuran Go-Digital, Wagub Idris Rahim Beri Arahan Tambahan Anggaran untuk Dinas Kominfotik

Rab Apr 20 , 2022
DM1.CO.ID, GORONTALO: Terima kasih kepada Menteri Kominfo, Menteri PAN-RB, dan Menteri Dalam Negeri, serta Kepala Dinas Kominfo dan Statistik yang melakukan inovasi terobosan prakarsa terhadap kegiatan program yang berbau digital. Komentar anda :