Saingi AS, Ini Jet Tempur Siluman Baru Made in Cina

DM1.CO.ID, BEIJING: Pekan depan Cina dipastikan akan memamerkan jet tempur siluman generasi baru yang dinamai J-20 (Jianjiji-20).

Angkatan Udara Cina, Jumat (28/10/2016) mengatakan, pameran terbuka pertama dari pesawat tempur Tiongkok diharapkan mempersempit kesenjangan bidang militer dengan Amerika Serikat (AS).

Menurut keterangan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat, J-20 akan menunjukkan kebolehannya di pameran penerbangan bertajuk China International Aviation and Aerospace Exhibition pekan mendatang di Selatan Kota Zhuhai.

Juru bicara Angkatan Udara Cina, Shen Jinke mengatakan, produksi J-20 berjalan sesuai rencana dan akan membantu angkatan udara untuk menjaga kedaulatan dan keamanan nasional.

“Ini adalah penampilan publik pertama dari jet tempur siluman generasi baru yang merupakan produksi dalam negeri,” ujar pihak angkatan udara.

jet-20a

Pada Juni lalu pihak militer Cina mengungkapkan, jet tempur tersebut akan mulai bertugas dalam waktu dekat.

Pesawat angkut militer Y-20 juga dijadwalkan akan menunjukan kebolehannya dalam pameran penerbangan dua tahunan yang akan dilangsungkan selama tujuh hari dan mulai dibuka Selasa (1/11/2016) pekan depan tersebut.

Sebelumnya, Cina telah memamerkan kekuatan J-31 pada pameran penerbangan Zhuhai 2014 lalu, bertepatan dengan kunjungan Presiden AS Barack Obama untuk konferensi tingkat tinggi Asia-Pasifik.

Ketika itu Cina berharap J-31 yang masih dalam pengembangan, mampu bersaing dengan pesawat siluman F-35 buatan AS di pasar internasional, dan ini berdasarkan pengamat militer Tiongkok dan laporan media pemerintah setempat.

Kemampuan membangun kekuatan udara, adalah kunci bagi Cina karena saat ini negeri Tirai Bambu tersebut sedang mengambil sikap lebih tegas dalam sengketa teritorial dengan tetangga-tetangganya di perairan Cina Timur dan Selatan.

Beberapa analis mengatakan dari gambaran-gambaran J-20, Cina dinilai membuat pengembangan lebih cepat dari yang diperkirakan dibandingkan pesawat penghindar radar F-22 Raptor dari Lockheed Martin’s.

Pentagon mengatakan, Cina sedang mengembangkan pesawat siluman generasi kelima yakni J-20 dan J-31 yang diperlukan oleh angkatan udara untuk mengembangkan kekuatan angkatan perangnya untuk dapat melakukan operasi penyerangan maupun bertahan.

(ana-rts/DM1)
Komentar anda :

Muis Syam

20 views

Next Post

Irena: Jangan Pertaruhkan Nyawa Negeri ini Hanya Untuk Lindungi Seorang Ahok

Ming Okt 30 , 2016
DM1.CO.ID, JAKARTA: Hj. Irena Handono, mualaf yang kini aktif sebagai ustazah inspiratif, angkat bicara tentang “kekacauan negeri” yang akhir-akhir ini terjadi, dan sangat berpotensi menjelma menjadi konflik dan malapetaka akibat “ulah” dari seorang yang bernama Ahok. Komentar anda :