Peringatan HARDIKNAS, Lilian Rahman : Harus Ada Inovasi Demi Memajukan Pendidikan di Kabupaten Gorontalo

Bagikan dengan:
Wartawan : Vita Pakai~
Editor : Vita Pakai |

DM1.CO.ID, GORONTALO: Setiap Tanggal 2 Mei Pemerintah Kabupaten Gorotalo memperingati Hari Pendidikan Nasional atau lebih dikenal dengan HARDIKNAS. Peringatan tersebut diperingati dalam kegiatan upacaran yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati, Rabu (2/4/2018). Selaku Pembina upacara  Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo, Dr. Lilian Rahman, M.Pd yang ditemui usai pelaksanaan upacara mengatakan harapannya pada peringatan hari pendidikan itu.

Lilian mengungkapkan, di setiap peringatan hari pendidikan nasional diharapkan sekiranya ada inovasi-inovasi baru yang dilakukan dari tahun ke tahun demi memajukan pendidikan di Kabupaten Gorontalo.

“Di setiap peringatan harus ada inovasi-inovasi yang kita buat sehingga dari tahun ke tahun terlihat linier grafiknya, peningkatannya tidak stagnan, ada peningkatan,” tuturnya.

Lanjutnya, hal tersebut pun saat ini telah dibuktikan dengan beberapa inovasi antara lain seperti gerakan cerdas desa dan peningkatan mutu pendidikan.

“Saat ini ada gerakan cerdas desa, dan kita (Kabupaten Gorontalo-red) sudah meraih juara 1 nasional, Bahkan untuk peningkatan mutu pendidikan, untuk bermutu kita menjadi rujukan dari 50 kabupaten /kota diseluruh indonnesia,” ujarnya.

Tak hanya itu, Lilian juga menyampaikan, diantara beberapa pemateri nasional, dirinya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo telah diamanatkan untuk membawakan materi ke Asia-Afrika.

“Saya sendiri dari beberapa pemateri nasional diminta membawakan materi ke Asia-Afrika, sehingga diputuskan saya harus mengimbaskan yang pertama ke-50 kabupaten/kota diseluruh Indonesia,” ucap Lilian.

Mantan Kepala BAPPEDA inipun membeberkan pendapatnya dalam meningkatkan mutu pendidikan yakni, dimana kemajuan suatu daerah ditentukan oleh kualitas pendidikan dari sumber daya manusianya. Adapun kualitas pendidikan tersebut dilihat dari delapan standar pelayanan nasional yang di Kabupaten Gorontalo sendiri lebih memprioritaskan empat diantaranya untuk ditinjau kedepan sesuai dengan harapan Bupati Gorontalo, yakni Kualifikasi, Sertifikasi, Pengangkatan dan Pemerataan.

“Jika empat poin ini sekiranya terpenuhi, itu akan lebih cepat dominan meningkatkan mutu. Karena kemajuan dari pendidikan itu tergantung dari para guru sehingga perhatian yang pertama dan utama adalah  memperbaiki mutu guru. Adapun yang kita harapkan pendidikan berumutu itu tergantung pada rasio guru dan murid,” tukas Lilian.

[vit/dm1]

 

 

 

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

2,468 views

Next Post

Ingin Cepat Kaya Raya Dengan Mudah? Coba Cara Ini

Kam Mei 3 , 2018
DM1.CO.ID: Untuk anda yang tidak ingin bersusah payah bekerja keras untuk mendapatkan uang, kini ada jalan pintas untuk meraih uang senilai miliaran rupiah. Tapi hal tersebut sedikit berbahaya dan langka, yaitu dengan cara mencari racun kalejengking.  Komentar anda :