HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Perawat se-Provinsi Gorontalo Rayakan HUT-PPNI ke-45 di Boalemo

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BOALEMO: Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dari kabupaten/kota se- Provinsi Gorontalo, menyelenggarakan peringatan HUT Perawat Nasional Indonesia ke-45, di Alun-alun Tilamuta-Boalemo, selama dua (Sabtu-Ahad, 16-17 Maret 2019).

Hari pertama kegiatan tersebut diawali dengan senam sehat bersama PPNI, yang diikuti oleh seluruh perawat se-Provinsi Gorontalo. Lalu dilanjutkan dengan parade defile per DPD PPNI Kab/Kota se-Provinsi Gorontalo, yang didahului dengan menampilkan Marching Band dari Aliayah Tilamuta.

Acara yang dibuka oleh Asisten III Setda Kabupaten Boalemo Irwan Dai ini dihadir beberapa unsur. Di antaranya, Direktur RSTN Boalemo; Plt. Kadinkes Boalemo, Kapolres Boalemo, Kepala Lapas Boalemo, Perwira Penghubung Boalemo, serta sejumlah masyarakat yang memadati lokasi acara.

Kegiatan tersebut didahului laporan panitia yang disampaikan oleh ketua panitia sekaligus Ketua DPD PPNI Kabupaten Boalemo, Irvan Hemeto, SKM, M.Kes. Dan dilanjutkan kata sambutan dari Ketua DPW PPNI Provinsi Gorontalo, serta sambutan oleh Asisten III, Irwan Dai.

Dalam sambutannya, Irvan Hemeto mengatakan, organisasi PPNI merupakan organisasi kesehatan yang terbesar di seluruh Indoensia, di Provinsi Gorontalo terdapat 3 ribuan perawat.

Dijelaskannya, HUT PPNI ini dilakukan bukan hanya menjadi momen yang dirayakan, tetapi juga bermanfaat untuk menjalin hubungan kekeluargaan ataupun silaturrahmi antar perawat dan pemerintah daerah, dan antar jajaran perawat di seluruh kab/kota se-Provinsi Gorontalo.

Merujuk pada tema HUT sebelumnya, gerakan perawat Indonesia dalam upaya mendukung praktik keperawatan mandiri, maka tema HUT tahun 2019 kali ini adalah ”Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat”.

Dikemukakannya, bahwa kesehatan tidak hanya berada di hilir, dalam lingkup keluarga,  akan tetapi kesehatan juga berada di hulu yang membentuk masyarakat yang mengerti tentang kesehatan, mau menjadi insan yang sehat dan menjaga status kesehatannya.

Juga diuraikan, bahwa dalam hal ini perawat memangku peran penting dalam mengawal keluarga dan masyarakat pada umumnya, untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki derajat kesehatan optimal.

Diungkapkan, bahwa harapan pemerintah adalah dengan mengangkat tema “Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat” sebagai tema HUT kali ini, maka PPNI juga berharap seruan semangat kita sebagai masyarakat perawat akan sampai kepada seluruh stakeholder kesehatan Iainnya, secara bersama-sama memenuhi kebutuhan serta meningkatkan kualitas kesehatan keluarga dan masyarakat Indonesia ke jenjang yang lebih baik, dalam mendukung program dan upaya pemerintah dalam pembangunan kesehatan Nasional demi tercapainya Indonesia Sehat.

Dengan tema tersebut, katanya, PPNI berharap dapat membantu membuka wawasan dan opini masyarakat serta sekaligus mendongkrak pengakuan masyarakat terhadap profesi perawat ke arah yang positif.

Hal ini, menurutnya, dapat diwujudkan dengan upaya peningkatan pelayanan kesehatan oleh perawat langsung ke masyarakat melalui Praktik Keperawatan Mandiri.

Di samping itu pula, lanjutnya, di momen HUT PPNI ini dilakukan pelayanan kesehatan lainnya. Seperti sunatan masal, perawatan luka, pemeriksaan kesehatan mata secara gratis, serta lomba Germas yang diikuti oleh seluruh DPK Komisariat PPNI se-Kabupaten Boalemo.

Kegiatan malam harinya adalah malam puncak HUT PPNI, di Hotel Putra Tunggal Tilamuta. Dan esoknya dilanjutkan dengan kegiatan Family Gathering, yang diikuti oleh seluruh perawat se- Provinsi Gorontalo. (adv-kab/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 12856
  • 14483