Pengurus BUMDes Tilamuta dan Wonosari Ikuti Pelatihan

DM1.CO.ID, BOALEMO: Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Kabupaten Boalemo, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengurus Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) Kecamatan Tilamuta dan Kecamatan Wonosari.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Kota Gorontalo secara serentak namun di dua tempat berbeda. Untuk peserta pelatihan yang berasal dari Kecamatan Tilamuta bertempat di Hotel Amaris, dan untuk Kecamatan Wonosari bertempat di Hotel New Rahmat, Sabtu (15/12/2018).

Dalam kegiatan itu diungkapkan tujuan diselenggarakannya pelatihan tersebut, yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pengurus dan anggota BUMDes.

Bupati Boalemo, Darwis Moridu, saat membuka kedua kegiatan tersebut menegaskan, bahwa acara ini dilaksanakan sebagai amanah undang-undang.

Dalam menggerakan BUMDes ke arah yang lebih maju, maka menurut Bupati Darwis, tentunya pengurus dan anggotanya harus diberi pembekalan dan pelatihan agar dalam pengelolaan BUMDes nanti sesuai dengan amanah undang-undang.

Bupati Darwis menjelaskan, BUMDes sebagai lembaga usaha desa yang dikelola masyarakat adalah dimaksudkan sebagai upaya memperkuat perekonomian desa.

Kondisi ini, menurut Bupati Darwis, akan lebih mendorong setiap pemerintah desa dalam memberikan motivasi serta merespon pendirian BUMDes sebagai salah satu lembaga ekonomi yang beroperasi di pedesaan.

Olehnya itu, pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan pengurus yang mampu memahami cara memetakan aset desa, serta strategi pengembangannya untuk mencapai desa mandiri.

Selain itu, juga diharapkan agar para peserta dapat memahami cara menginisiasi, mendirikan, menentukan jenis usaha dan mengembangkan BUMDes sesuai potensi dan kebutuhan desa, serta memahami manajemen organisasi BUMDes dan cara mengelolanya.

Kegiatan ini dihadiri Kadis Sosial dan PM, Nurdin Djaini; Camat Tilamuta dan Camat Wonosari; Koordinator sekaligus tenaga ahli infrastruktur Kabupaten Boalemo; para kepala desa beserta bendahara desa. (nhs-kab/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

2.721 views

Next Post

DIPA 2019, Boalemo Prioritaskan Program Kesejahteraan Masyarakat

Ming Des 16 , 2018
Wartawan: Kisman Abubakar~Editor: Dewi Mutiara DM1.CO.ID, TILAMUTA: Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, telah menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2019, kepada Bupati Boalemo Darwis Moridu, Jumat (14/12), di gedung Belle Li Mbui Kota Gorontalo. Dalam acara penyerahan tersebut, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menegaskan, implementasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran […]