Pemkab Koltim Raih RPJMD Terbaik Tingkat Sultra

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada akhir tahun 2020 melakukan penilaian RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) terhadap seluruh kabupaten/kota se-Sultra.
Dari 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sultra, terdapat 3 daerah atau kabupaten yang mendapatkan perolehan nilai signifikan atas RPJMD masing-masing. Yakni, Kebupaten Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, dan Kabupaten Muna Barat.
Dan alhasil, Kolaka Timur adalah menjadi kabupaten yang berhasil tampil dengan capaian RPJMD terbaik se-Sultra.

Posisi terbaik yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim tersebut dibeberkan langsung pihak Inspektorat Provinsi Sultra yang diwakili Inspektur Pembantu Wilayah 2, Junarlin, di Aula Bappeda dan Litbang Koltim, pada Rabu (28/4/2020).
Hadir dalam momen penyampaian prestasi tersebut, di antaranya Andi Merya Nur, S.IP selaku Plt Bupati Koltim, didampingi Kepala Bappeda dan Litbang Koltim, Dr Mustakim Darwis, SP, M.Si beserta jajaran.
Peringkat pertama atas RPJMD terbaik yang berhasil diukir oleh Kabupaten Koltim tersebut, yakni karena dinilai memenuhi rekapitulasi (penilaian) dari tiga aspek yang ditentukan.
Adapun aspek yang dimaksud, yaitu kesejahteraan masyarakat dengan bobot 35 persen. Rata-rata capaian kinerja 88,19 persen, dengan skor 30,87 persen.
Berikutnya adalah aspek daya saing daerah dengan bobot 30 persen. Rata-rata capaian kinerja 53,10 persen dan skor 15,93 persen. Aspek terakhir, yaitu aspek pelayanan umum dengan bobot 35 persen. Rata-rata capaian kinerja 81,64 persen serta skor 28,58 persen.
Nilai dari ketiga aspek ini jika ditotalkan, maka secara akumulasi Kabupaten Kolaka Timur meraih skor untuk bobot mampu mencapai 100 persen. Rata-rata capaian kinerja 74,31 persen dengan skor 75,37 persen. Secara singkat, nilai capaian kinerja RPJMD Koltim mencapai 75,37 persen. Artinya, kriteria capaian nilai peringkat kinerja dalam kategori BAIK.

Dengan capaian posisi terbaik dalam penilaian RPJMD tersebut, maka Kabupaten Kolaka Timur di bawah kepemimpinan Andi Merya Nur bersama seluruh jajaran Pemkab Kolaka Timur, ke depan tentunya diharapkan akan mampu lebih menampilkan gerakan-gerakan pembangunan yang berkelanjutan secara cermat dan terarah. (rul/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

33 views

Next Post

Usai Acara DMI, Jusuf Kalla Buru-buru Temui Ishak Liputo di Markas PMI Provinsi Gorontalo

Kam Apr 29 , 2021
DM1.CO.ID, GORONTALO: Mantan Presiden RI ke-10 dan ke-12, Muhammad Jusuf Kalla (JK), berkunjung ke Provinsi Gorontalo, pada Rabu pagi (28/4/2021) pukul 19.45 WITA. Ia tiba dengan pesawat pribadi di Bandara lama Djalaluddin, Gorontalo. Komentar anda :