Musrenbang Bone Raya dan Bone, Camat Kusno Berharap Usulan Dapat Diterima Semua

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Tingkat Kecamatan Bone Raya, Senin (17/2/2020), di Aula Serba Guna, kali ini pelaksanaannya digabungkan dengan Kecamatan Bone sebagai kecamatan tetangga,  berdasarkan usulan Bappeda Kabupaten Bone Bolango (Bonebol).

Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) tersebut dihadiri pihak OPD,  sejumlah Anggota Legislatif (Aleg)  Bonebol Dapil Bone Pesisir Cs,  serta seluruh Kades se-Kecamatan Bone Raya dan Kecamatan  Bone.

Hal menarik pada Musrenbang tersebut, para Aleg yang hadir seperti Andris Makmur, Faisal Yunus, Baharudin Bulotio, serta Kenedy Hamzah Maele, sempat menyinggung terkait pihak OPD yang hanya diwakili oleh kepala bidangnya saja,  bukan langsung diikuti oleh pimpinan OPD (kadis) masing-masing.

Meski begitu para kepala desa serta dua camat merasa tetap termotivasi dengan hadirnya sejumlah Aleg dari Dapil Bone Pesisir, untuk dapat membangun kebersamaan dalam memajukan Kabupaten Bone Bolango.

Pada kesempatan tersebut, Kusno Tangahu selaku Camat Bone Raya menguraikan 15 usulan pekerjaan yang akan diprioritaskan di Kecamatan  Bone Raya.

Usulan tersebut di antaranya,adalah: Desa Tombulilato,  lanjutan pembangunan  lapangan Olaharaga,  jalan lingkar 4 desa; Desa Inomata,  pengadaan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya);  Desa Pelita Jaya,  Jalan akses tani; Desa Laut Biru,  pengadaan  Aspal Hotmik,  Drinase Desa; Desa Bunga, Penyediaan Air Bersih (PAB),  jalan lingkar 4 desa; Desa Mootinelo, Pengadaan Gapura Desa; Desa Moopiya,  Pengembangan wisata pantai,  jalan lingkar 4 desa; Desa Alo,  Jalan akses tani, jalan lingkar 4 desa; Desa Mootawa,  Wisata Religi; Desa Mootayu,  percetakan sawah.

Kusno pun berharap, usulan-usulan ini bisa terwujud semua dan dapat diterima sesuai anggaran yang menaungi usulan ini, tanpa ada yang tersisa.

“Sekalipun belum terwujud  semuanya dalam tahun 2020 ini, paling tidak  sudah ada dari pemerintah yang datang ke lokasi dan melihat langsung keadaan desa yang kami usulkan di rapat Musrenbang. Sehingga itu bisa menjadi acuan bagi mereka,  agar bisa mengusahakan dan memastikan usulan kami tidak sebatas wacana dan dapat direalisasikan,” jelas Camat Kusno. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

12.055 views

Next Post

Sosialisasi Penyesuaian Tarif PDAM Kota Gorontalo di Kota Barat, Ini Penyampaian Isman Darise

Rab Feb 19 , 2020
DM1.CO.ID, GORONTALO: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Gorontalo berencana menerapkan penyesuaian tarif baru. Dan sebelum diberlakukan, pihak PDAM Kota Gorontalo terlebih dahulu melakukan sosialisasi terkait penyesuaian tarif tersebut. Komentar anda :