Meski Sedikit Ada Gangguan, Kemendikbud Sebut UNBK Hari Pertama Lancar

DM1.CO.ID, JAKARTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Kepala Pusat Pendidikan (Kapuspendik), Nizam menyebutkan, penyelenggaraan ujian nasional (UN) jenjang pendidikan SMK berjalan lancar di seluruh Indonesia.

Nizam mengatakan, pelajar SMK dari Sabang sampai Merauke benar-benar memiliki semangat tinggi untuk masing-masing unjuk prestasi dalam ujian nasional. Para murid juga dinilai menunjukkan semangat tinggi menjunjung kejujuran dan percaya diri.

Kendati begitu, Nizam tidak membantah jika terdapat sejumlah gangguan penyelenggaraan UNBK. Seperti, putusnya aliran listrik di sejumlah sekolah. Namun, menurutnya, para proktor tentu jauh-jauh hari memiliki kesiap-siagaan dalam mengatasi sejumlah permasalahan teknis tersebut.

Olehnya itu, Nizam juga mengapresiasi komitmen dari tim teknis help desk, baik di provinsi maupun pusat dalam menyiapkan penyelenggaraan UNBK SMK. “Karena termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita,” tutur Nizam, Senin (3/4/2017).

Di sisi lain, Nizam juga mengapresiasi pihak-pihak yang telah ikut serta dalam menyukseskan penyelenggaraan UN berbasis kertas pensil (UNKP). Ia meyakini kepala sekolah dan guru menjunjung tinggi integritas dalam melayani siswa mengikuti UNKP.

“Apresiasi juga bagi komunitas-komunitas IT di seluruh Indonesia yang dengan berbagai cara turut mengawal dan mengamankan UNBK kita,” ujar Nizam.

Pada hari pertama, ungkap Nizam, terdapat 383 aduan permasalahan dari penyelenggaraan UNBK SMK. Namun meski begitu, lanjut Nizam, Kemendikbud telah berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut. Bahkan, Kemendikbud mengantisipasi agar permasalahan serupa tidak terjadi dalam penyelenggraaan UNBK jenjang pendidikan SMA.

“Permasalahan-permasalahan yang sudah teratasi tinggal kita sosialisasikan, sehingga ketika dijumpai masalah yang sama dapat diatasi sendiri,” pungkasnya.

(dbs-rol/DM1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.240 views

Next Post

Pendeta se-DKI Nyatakan Dukungan ke Anies-Sandi

Sel Apr 4 , 2017
DM1.CO.ID, JAKARTA: Pada ajang Pilkada DKI putaran kedua, Barisan Anak Surga (BAS) ministry DKI Jakarta menyatakan akan mendukung pasangan Anies-Sandi. Komentar anda :