Kinerja DPRD Kabupaten Gorontalo, Ini Tanggapan Sahmid Hemu

Bagikan dengan:

Wartawati/Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, KABUPATEN GORONTALO: Menutup akhir tahun, DPRD Kabupaten Gorontalo menggelar konferensi pers terkait kinerja DPRD yang digelar di Dulohupa, Senin (31/12/2018).

Menurut penilaian Sahmid Hemu selaku Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, kinerja DPRD selama tahun 2018 sudah baik.

Sahmid mengatakan, kinerja DPRD dikatakan baik jika optimal dalam melahirkan peraturan daerah (perda), selain itu kinerja DPRD juga dinilai dari berapa banyak melakukan penyelesaian terhadap aspirasi masyarakat.

“Dibidang legislasi sepanjang tahun 2018, 16 ranperda telah dirampungkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). 3 diantaranya adalah usul inisiatif dari DPRD,” tutur Sahmid.

Untuk tindak lanjut aspirasi masyarakat, DPRD sudah menerima aspirasi dari tiap komisi total 79 aduan, 56 kali Rapat Dengar Pendapat (RDP), dan 14 kali rapat kerja.

“Berapa banyak yang direalisasikan dan berapa banyak yang tidak. Maka ini yang akan menjadi batu pijakan kita kedepan di 2019 ini,” ujar Ketua DPRD.

Sahmid berharap, evaluasi kinerja akhir tahun ini bisa menjadi motivasi untuk DPRD memberikan kinerja yang lebih baik lagi di tahun kedepan.

“Kita sudah menyampaikan kepada masing-masing komisi untuk lebih giat lagi melakukan pengawasan dengan berbagai kesempatan dan berbagai model yang disesuaikan dengan kondisi di masing-masing komisi,” ujar Sahmid.

Lanjut Sahmid, ia berharap penilaian terhadap kinerja DPRD datang dari pihak luar, sebagai bentuk objektifitas.

“Tidak elok kalau saya yang menilai diri saya sendiri, tentu tidak objektif. Oleh karenanya, pada konferensi pers tahun 2018 kami DPRD memaparkan kinerja. Sehingga silahkan publik yang menilai, kita sebagai lembaga publik berharap ada masukan, koreksi dan ada perbaikan kedepan,” pungkas Sahmid. (dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: