Gorontalo Germas Community Ikuti “Gorontalo Run 10K”, Nancy Pembengo: Berolahraga Cegah PTM

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Sebagai komunitas sosial yang bergerak di bidang kesehatan, Gorontalo Germas Community (GCC) senantiasa tampil dan melibatkan diri di setiap momentum. Dan kali ini, GCC pun mengambil bagian mengikuti “Gorontalo Run 10K” yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, Sabtu (28/12/2019).

Kegiatan ini adalah masih merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Gorontalo, diikuti oleh ribuan masyarakat serta berbagai komunitas olahraga lainnya, dengan mengambil start dan finish di rumah dinas Gubernur Gorontalo.

Pada kesempatan tersebut, Nancy Pembengo, S. Si sebagai penanggung-jawab GGC mengatakan, komunitas binaan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo ini mempunyai kewajiban dalam mengampanyekan Germas hingga ke lapisan masyarakat paling bawah.

GGC ini, kata Nancy, selain memiliki jadwal workout plan 3 kali dalam seminggu, juga selalu berupaya melibatkan diri pada setiap penyelenggaraan event olahraga baik oleh pemerintah maupun BUMN dan swasta.

Pada event Gorontalo Run 10K ini, panitia menyediakan 400 medali, dan 9 orang anggota GGC berhasil memasuki finish sekaligus meraih medali.

Nancy menyebutkan, keikutsertaan GGC tidak hanya sekadar mendapat medali, tapi lebih pada mendorong sportivitas dalam berolahraga, dan juga terutama tujuan mengikuti lomba olahraga adalah tidak hanya untuk meraih prestasi, melainkan adalah demi mendapatkan kesehatan.

Olehnya itu, menurut Nancy, keikut-sertaan GGC pada event kali ini tidaklah semata hanya untuk meramaikan, melainkan sebagai salah satu bentuk sosialisasi sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa melakukan aktivitas fisik dengan berolah-raga.

Dan salah satu kegiatan rutin GGC, lanjut Nancy, adalah dengan berolah-raga sebagai wujud Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Kegiatan Germas di antaranya aktivitas fisik bisa menjadi salah satu upaya mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM),” kata Nancy.

Nancy membeberkan, bahwa pembiayaan kesehatan melalui BPJS Kesehatan paling tinggi adalah pada penyakit katastropik.

Nancy pun menjelaskan, penyakit yang termasuk dalam katastropik adalah golongan PTM. Golongan penyakit katastropik yang dimaksud di antaranya hipertensi yang berpotensi kronis, jantung koroner, gagal ginjal kronis, kolesterol, diabetes mellitus, stroke, kanker, tumor dan hepatitis.

Olehnya itu, Nancy yang juga menjabat selaku Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinkes Provinsi Gorontalo) menyatakan, keikutsertaan GGC dalam event ini tentu saja adalah untuk menjadi motivator dan pelopor dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: