Khatam Quran di Desa Sogitia, Kades Mito: AlQuran “Benteng Pertahanan” Terbaik

DM1.CO.ID, BONE-BOLANGO: BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Raudhatul Jannah Desa Sogitia Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango, Kamis (18/3/2021), menggelar Khatam Quran.

Selain dihadiri penyuluh KUA Kecamatan Bone Samsudin Hanta Sutrisna Mooduto, acara keagamaan ini juga diikuti oleh ketua bersama sejumlah pengurus TP-PKK Desa Sogitia, seluruh anggota BKMT Raudhatul Jannah Desa Sogitia, serta beberapa tokoh masyarakat.
Pada kesempatan tersebut, Sumitro Lopuo, SH.I selaku Kepala Desa (Kades) Sogitia sekaligus selaku imam penyampaian beberapa hal penting sebagai pencerahan terkait khatam Quran.
Ia mengutip beberapa hadis Rasulullah SAW terkait keistimewaan tersendiri bagi seseorang yang senantiasa membaca alQuran. Tak terkecuali bagi umat Muslim yang berhasil mengkhatamkan.
Kades Mito (sapaan akrab Sumitro Lopuo) menyebutkan, keutamaan mengkhatamkan alQuran ialah para malaikat akan memohonkan ampun untuknya. Setiap muslim yang senantiasa membaca kitab suci ini hingga mengkhatamkannya, maka 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya.
“Ketika seorang hamba mengkhatamkan alQuran, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya. Hadis Riwayat Ad-Dailami,” ungkap Kades Mito.
Ia melanjutkan, seseorang yang membaca 100 ayat alQuran dalam satu malam, maka akan dicatat kebaikannya di malam itu juga. “Sebagaimana dalam sebuah hadits: Siapa saja yang membaca alQuran seratus ayat dalam satu malam, maka akan dicatat untuknya ketaatan satu malam itu. Hadis Riwayat Ahmad,” sebut Kades Mito.
Keutamaan mengkhatamkan alQuran berikutnya, lanjut Kades Mito, ialah diberikan syafaat pada hari kiamat. “Seseorang yang selalu menyibukkan diri membaca ayat-ayat suci alQuran, maka di hari kiamat akan diberi syafaat,” jelas Kades Mito.
Hal ini, lanjut Kades Mito, termaktub dalam salah satu hadits Rasulullah. “Bacalah alQuran. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamalnya),” tutur Kades Mito menyebut Hadis Riwayat Ahmad.

Bahkan, lanjut Kades Mito, seseorang yang senantiasa membaca alQuran dan tidak sempat membaca zikir yang lain, akan diberi balasan terbaik melebihi balasan mereka yang meminta.
“Sebagaimana riwayat Abu Sa’id dari Rasulullah SAW bahwa Allah Berfirman yang artinya: Siapa saja yang disibukkan dengan membaca alQuran, hingga tak sempat zikir yang lain kepadaKu dan meminta kepadaKu, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan alQuran atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhlukNya. Hadis Riwayat al-Baihaqi,” tutur Kades Mito.
Selain itu, menurut Kades Mito, seseorang yang mengkhatamkan kitab suci alQuran akan selalu diberikan ketenangan dalam situasi apapun. Bahkan, para malaikat juga akan melingkari dan memohonkan ampun untuknya.
Olehnya itu, Kades Mito berpesan hendaknya kegiatan khatam Quran ini dapat membuat pengajian rutin dapat benar-benar dilaksanakan secara terus-menerus, dan tentu saja diharapkan dapat memberi dampak positif pada sesama.
“Mari tetap lestarikan, pertahankan serta harus di tingkatan pengajian serta mengkhatamkan alQuran seperti ini. Karena era globalisasi modern yang sungguh sangat menguasai zaman sekarang, sehingganya benteng pertahanan terbaik hanyalah di keimanan dan ketaqwaan (melalui al Quran). Semoga kita semua senantiasa diberikan kemudahan, kewarasan akal dalam berpikir serta tetap bekerja,” pungkas Kades Mito. (res/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

20 views

Next Post

Putra Sulung Mantan Bupati Pohuwato Wafat

Jum Mar 19 , 2021
DM1.CO.ID, MAKASSAR: H. Inrawanto Hasan, putra sulung Bupati Pohuwato periode 2005-2010, H. Zainuddin Hasan, diinformasikan wafat pada Jumat (19/3/2021). Komentar anda :