BUDAYADM 1 CSOSIALTerbaruUNIK

Kemeriahan Festival Tumbilotohe di Kota Raja

Bagikan dengan:
Wartawan: Kisman Abubakar~
Editor: AMS|

DM1.CO.ID, BOALEMO: Di Provinsi Gorontalo terdapat tradisi turun-temurun yang disebut Tumbilotohe (pasang lampu). Tradisi ini dilakukan setiap tahun pada malam bulan Ramadan, atau tepatnya tiga hari sebelum lebaran Idul Fitri.

Di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, juga tak ketinggalan menggelar pencanangan festival Tumbilotohe yang dipusatkan di Kota Raja, Kecamatan Dulupi, Senin (11/6/2018).

Festival Tumbilotohe di Kota Raja yang nampak meriah itu dibuka langsung oleh Bupati Boalemo, Darwis Moridu, didampingi Wakil Bupati Anas Jusuf, serta disaksikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Boalemo Hardi Mopangga, Sekda Boalemo Husain Etango, Kapolres Boalemo AKBP Ade Permana, Pimpinan Bank SulutGo Cabang Tilamuta Hasan Hamid, dan seluruh pimpinan instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Boalemo.

Kegiatan yang dihadiri para tokoh masyarakat serta sangat dipadati warga itu juga dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama, di kediaman pribadi Bupati Darwis Moridu, di Kota Raja.

Para hadirin dan pengunjung pun tampak larut dalam suasana suka-cita menyambut hari lebaran, namun juga terharu karena Ramadan sebentar lagi akan berlalu.

Festival Tumbilotohe ini akan terus dilaksanakan oleh Pemda Boalemo untuk meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda, tentang pentingnya menjaga tatanan tradisi leluhur yang telah tertanam sejak dulu.

Selain itu, digelarnya festival semacam ini juga dimaksudkan untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan budaya sebagai warisan nasional, dalam konteks membangun karakter kehidupan sosial kemasyarakatan. (kab/dm1c)

Komentar anda :
Bagikan dengan: