DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Rapat semester pertama (Januari-Juni 2021) bersama para guru Taman Pengajian Quran (TPQ) untuk evaluasi capaian santri TPQ al-Kautsar dan Rumah Quran al-Kautsar Desa Sogitia, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, terselenggara dengan sukses pada Rabu (23/6/2021).
Dalam rapat tersebut terungkap, sistem pembelajaran santri yang dilakukan adalah dengan metode iqro, dirosa dan ummi.
Adapun jumlah peserta didik atau santri saat ini adalah 96 orang, yang terdiri 49 orang pada program iqro; dirosa 10 orang, dan alQuran 32 orang.
Dan sejauh ini yang dinyatakan telah tamat hafalan juz 30 adalah sebanyak dua orang. Dan tamat hafalan juz 29 serta 30 adalah sebanyak 3 orang. Sementara program hafalan juz 30 saat ini diikuti 10 orang.
Sebelumnya, rapat yang dilaksanakan pada Selasa 22 Juni 2021, dihadiri enam guru TPQ dan rumah Quran al-Kautsar Desa Sogitia.
Untuk insentif guru TPQ dan rumah alQuran ini dibiayai dari dana desa 2021 untuk 6 orang guru, yang terdiri dari 2 guru iqro, 1 guru dirosa dan 1 guru metode ummi, serta 1 guru hafalan.
Sumitro Lopuo S.Hi selaku Kepala Desa (Kades) sekaligus sebagai kepala TPQ dan rumah Quran al-Kautsar Desa Sogitia, pada kesempatan tersebut menyampaian harapannya.
Ia berharap kepada para orangtua untuk dapat turut memberikan partisipasi dan kontribusi dalam upaya mengembangkan TPQ al-Kautsar, agar menjadi lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang.
Partisipasi yang paling utama, menurut Kades Mito (sapaan akrab Sumitro Lopuo), adalah dengan mendorong anak-anaknya untuk lebih aktif dan giat lagi belajar di TPQ dan rumah Quran al-Kautsar.
Kades Mito mengungkapkan, santri yang terbilang banyak saat ini, untuk sementara belum memiliki gedung atau tempat belajar sendiri. Sehingga proses belajar-mengajar saat ini masih menggunakan sanggar belajar dan Masjid al-Kautsar, serta Masjid At-Taqwa, di Desa Sogitia.
“Semoga saja tahun-tahun ke depan kita bisa mandiri dalam hal gedung, serta bisa menerapkan sistem pembelajaran yang lebih efisien, dan efektif,” harap Kades Mito. (re/dm1)