BERITA EKSKLUSIFDM 1 EPemerintahanSosialisasiTerbaru

Ikuti Pelatihan Keuangan Desa di Makassar, Kades Erwis: Ini Solusi Indah untuk Lebih Tingkatkan Kinerja

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Desa se-Kabupaten Bone Bolango mengadakan kegiatan Pelatihan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa, salah satu di antaranya adalah Desa Molamahu, Kecamatan Bone.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Desa Molamahu mengutus dan mengikutkan 2 (dua) orang peserta, yakni Erwis Tumuhulawa, S.Pd selaku Kepala Desa (Kades) Molamahu, dan juga Nurnaningsy Hippi sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) sekaligus pemegang Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa).

Kegiatan yang diselenggaran oleh Pusat Konsultasi Pemerintah Daerah (PKPD) bekerja sama dengan Pemerintah Desa se-Kabupaten Bone Bolango itu, dilangsungkan selama 4 (empat) hari, yakni Rabu hingga Sabtu (8-11 Maret 2023), di Swiss-Belhotel, Kota Makassar.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Bone Bolango, Dr. Hamin Pou, S.Kom, MH itu, juga dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di antaranya Wakil Bupati Bone Bolango bersama Sekda, Kepala Dinas PMD, Ketua Komisi I DPRD Bone Bolango, serta dari kementerian terkait.

Kades Erwis Tumuhulawa mengungkapkan kesan dan harapannya terhadap penyelenggaraan pelatihan teknis tersebut.

Menurut Kades Erwis, para peserta pelatihan ini benar-benar mendapat pengetahuan serta wawasan yang dapat diterapkan dalam pengelolaan keuangan desa.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, kata Kades Erwis, sangat berguna dan memberi kemudahan bagi perangkat desa, terutama di bidang keuangan dalam mengelola segala sistem yang berhubungan dengan pendanaan desa.

Kades Erwis tak lupa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap penyelenggara serta kepada pihak Pemda Bone Bolango yang banyak memperlihatkan kepedulian untuk kepentingan bersama secara positif.

Terkait dengan acara yang diselenggarakan di luar daerah seperti ini, Kades Erwis menyatakan, bahwa pelatihan ini menitik-beratkan pada upaya untuk memperdalam dan menyelaraskan ilmu seputar pengelolaan keuangan desa, bukan untuk jalan-jalan atau bertamasya.

Meski begitu, Kades Erwis mengakui, pelatihan yang digelar di Kota Makassar ini boleh juga dianggap sebagai “hadiah” tersendiri dari Pemda Bone Bolango terhadap para aparat desa se-Kabupaten Bone Bolango.

“Hadiah” yang dimaksud Kades Erwis adalah, hadiah berupa ilmu dan wawasan terkait pengelolaan keuangan desa, dan juga “hadiah” penyegaran atau sedikit refreshing dalam mengurangi kepenatan dari tekanan pekerjaan.

“Kegiatan ini dapat menjadi solusi indah yang dapat menyegarkan agar dapat lebih meningkatkan kembali kinerja yang lebih baik,” ujar Kades Erwis tersenyum. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: