DM 1 CPeristiwaTerbaru

Hujan Deras, Tiga Kecamatan di Boalemo Diterjang Banjir

Bagikan dengan:
Wartawan: Kisman Abubakar, Moh Ayatullah Sahidi
Editor: AMS||

DM1.CO.ID, BOALEMO: Akibat hujan deras yang mengguyur sejak Selasa siang (29/5/2018), tiga kecamatan di Kabupaten Boalemo diterjang banjir. Yakni, Kecamatan Tilamuta, Paguyaman Pantai, dan Kecamatan Dulupi.

Namun, tidak semua desa di tiga kecamatan tersebut mengalami banjir. Di Kecamatan Tilamuta, hanya di Dusun 3 Desa Mohungo. Di Paguyaman Pantai, banjir hanya dialami oleh warga di Desa Limbatihu. Sementara banjir di Kecamatan Dulupi hanya menerjang Desa Dulupi dan Desa Tabongo.

Menurut pantauan awak DM1 di lokasi, sedikitnya terdapat 30 rumah warga di Dusun 3 Desa Mohungo terendam banjir dengan ketinggian maksimal sekitar lutut orang dewasa, dengan air yang nampak berarus.

Dari informasi yang dihimpun menyebutkan, banjir di Dusun 3 Desa Mohungo ini diduga disebabkan oleh buruknya saluran air di sekitaran rumah warga.

Khusus di Desa Dulupi dan Tabongo, Kecamatan Dulupi, nampak rumah warga terendam banjir dengan ketinggian sekitar 50 hingga 70 sentimeter.

Informasi yang berhasil dirangkum menyebutkan, warga terdampak banjir di Desa Tabongo sendiri terdiri empat dusun. Yakni, Dusun Paria (45 KK), Dusun Waga (6 KK), Dusun Kemiri (25 KK), dan Dusun Labuhan Timur (12 KK).

Sementara banjir di Desa Dulupi, tercatat paling banyak warga yang mengalami banjir berada di dua dusun. Yaitu, Dusun Ketapang (258 KK), dan Dusun Batupotong (265 KK).

Hingga berita ini diturunkan, para warga terdampak banjir di tiga kecamatan tersebut masih nampak sibuk mengevakuasi barang-barang berharga milik mereka.

Dan di saat banjir terjadi sejak siang hingga malam tadi, belum satupun pihak pemerintah yang terlihat memberikan upaya bantuan terhadap para warga terdampak banjir di tiga kecamatan tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boalemo yang coba dihubungi via telepon seluler, Selasa malam (29/5/2018) tadi, juga belum diangkat. Diduga, Kepala BPBD Boalemo masih sedang menunaikan Shalat Tarawih.

Meski begitu, warga tetap berharap dan menunggu adanya bantuan segera dari pihak Pemda Boalemo. Di antaranya berupa, selimut, tikar, dan bahan makanan untuk pemenuhan kebutuhan puasa (sahur dan berbuka).

Sejauh ini belum dilaporkan adanya korban meninggal. Begitupun kerugian materi yang dialami belum bisa diperkirakan.
(kab-mas/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: