Dua Rumah Warga di Isimu Utara, Rata Dilalap Api

Wartawan: Herman Abdullah | Editor: AMS

DM1.CO.ID, GORONTALO: Dua rumah di Desa Isimu Utara, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Senin siang (29/7/2019), hangus dilalap si jago merah.

Warga setempat mengaku kaget dengan api yang begitu cepat menjilat dan berkobar. “Yang saya lihat, kabel listrik yang patah itu langsung jatuh ke rumah,” ungkap seorang warga.

Informasi lain yang dihimpun wartawan DM1 menyebutkan, saat terjadi kebakaran korban sedang istirahat, dan tiba-tiba terdengar suara benda terbakar yang berasal dari dapur.

“Ada suara api yang ditiup angin, dengan cepat saya panggil suami saya,” ujar Yuyan, salah seorang korban kebakaran.

Terdapat 4 unit armada pemadam kebakaran (Damkar) yang di turunkan BPBD Kabupaten Gorontalo, dan 1 unit armada pemadam kebakaran dari satuan Brimob Tibawa.

Meski api berhasil dipadamkan, namun dua rumah tersebut terlihat “lenyap” dan rata dengan tanah, hanya puing-puing reruntuhan barang yang nampak hangus dan menjelma menjadi arang.

Kendati begitu, tim pemadam kebakaran terus melakukan evakuasi pendinginan di area kebakaran. Sebab, dikhawatirkan masih ada titik titik api di sekitar TKP.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak berkompeten terkait penyebab ataupun jumlah kerugian yang dialami akibat kebakaran ini.

Namun atas kejadian tersebut, Pemerintah Kecamatan Tibawa mengimbau kepada masyarakat agar dapat lebih berhati-hati.

Pemerintah kecamatan setempat juga mengaku akan berusaha membantu korban agar bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, Dr. Sumanti Maku, M.Si selaku Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo menyebutkan, selain diperkirakan karena listrik, potensi kebakaran juga boleh jadi disebabkan oleh angin yang bertiup kencang di saat cuaca panas, dan sejumlah potensi lainnya.

Sumanti menegaskan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dari segala hal yang memicu terjadinya kebakaran.

Ia berjanji, BPBD Kabupaten Gorontalo akan melakukan kerjasama dengan instansi terkait guna melakukan recovery dalam bentuk pembangunan mahyani kepada para korban. (her/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

21 views

Next Post

Dihadiri Anggota DPRD Bonebol, BID Diharapkan Dapat Dimanfaatkan untuk Kemajuan Desa

Sen Jul 29 , 2019
Wartawati: Resti Djalil Cono | Editor: AMS DM1. CO.ID, BONEBOLANGO: Bursa Inovasi Desa (BID) adalah merupakan bentuk ataupun wadah bagi para pemerintah desa dalam menyalurkan kreativitas serta inovasi- inovasi guna memajukan desa. Komentar anda :