DKP Provinsi Gorontalo Monitor Bantuan Mesin Ice Flake di Koperasi NDC

Bagikan dengan:
Wartawan: Rizal Mailili~ Editor: Avi|

DM1.CO.ID, GORONTALO: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo, memberikan sejumlah bantuan berupa mesin ice flake bagi nelayan yang ada di wilayah kabupaten/kota Gorontalo.

Kamis (25/10/2018), DKP Provinsi Gorontalo melakukan monitor ke salah satu penerima bantuan mesin ice flake yaitu Koperasi Nawar Deheto Cemerlang (NDC), di Jalan Sultan Botutihe No.5, Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.

Menurut Sekretaris DKP Provinsi Gorontalo, Anas Said Badjeber, pengadaan bantuan mesin ice flake dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat nelayan dalam memperoleh kebutuhan es.

“Dengan harapan, jika tersedia es maka kualitas ikan dari masyarakat nelayan akan terjaga. Sehingga sistem rantai dingin yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa terpenuhi,” ujar Anas.

Mesin ice flake sendiri merupakan mesin penghasil es batu serpihan, yang berfungsi menjaga kesegaran dari hasil tangkap laut. Dalam pengoperasiannya, mesin ice flake dijalankan dengan bantuan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar. Dimana, seringkali dalam lapangan timbul permasalahan keterbatasan penyediaan BBM dari pihak Pertamina.

“Sehingga kami berupaya memediasi DKP Kota Gorontalo, agar kiranya dapat memberikan rekomendasi kepada Koperasi Nawar Deheto untuk diprioritaskan dalam penambahan kuota solar,” terang Anas.

Hal ini penting dilakukan, supaya tidak terjadi hambatan dalam produksi es yang dibutuhkan oleh masyarakat nelayan Kota Gorontalo.

Sementara itu, Aip Hippy selaku anggota Koperasi NDC mengucapkan terima kasih atas bantuan mesin ice flake kapasitas 1,5 ton per hari, yang telah diberikan oleh KKP.

“Adapun mesin tersebut kami peroleh sejak tahun 2016. Dengan kapasitas 1,5 ton yang kami jual dengan harga tiga puluh ribu sampai empat puluh ribu rupiah per gabus. Sehingga dana yang kami dapat setiap harinya, sekitar satu juta rupiah,” jelas Aip.

Kendati demikian, Aip tetap berharap pemerintah bisa terus memberikan bantuan untuk kelangsungan usaha masyarakat nelayan Kota Gorontalo. (ical/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: