Dampingi Gubernur, Bupati Nelson Tinjau Lokasi Kebakaran

Wartawan : Anton Busura~
Editor : Vp

DM1.CO.ID, GORONTALO: Gubernur Gorontalo Rusli Habibi, didampingi Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Senin (5/3/2018) berkunjung ke lokasi kebakaran Shoping Centre Limboto, Kabupaten Gorontalo. Musibah ini terjadi pada jumat (2/3/2018) sekitar pukul 22.15 wita.

Hadir pada kunjungan itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Provinsi Gorontalo, Sumarwoto dan Kepala BPB Kabupaten Gorontalo, Husni Deka.

Pada Kesempatan itu, Bupati Gorontalo menjelaskan Kerugian dari musibah pasar yang dibangun 36 tahun lalu itu ditaksir sebesar 29 Milyar Rupiah sementara kerugian pedagang mencapai angka 3 Milyar Rupiah.

“Sebenarnya tahun ini kami menganggarkan 7 Milyar untuk renovasi Shoping Centre ini. Tapi dari kebakaran sepertinya tidak bisa renovasi tapi harus dilakukan pembangunan baru,” jelas Nelson.

Nelson menyebut jika pembangunan baru akan menelan anggaran lebih dari 100 Milyar Rupiah. Oleh karena itu ia berharap Pemprov Gorontalo bisa membantu bekerjasama dengan pemerintah pusat. Untuk itu Nelson berkeinginan agar pusat perbelanjaan itu dibangun baru dengan desain dan fungsi yang lebih modern.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Gorontalo menyempatkan diri menyapa masyarakat terutama korban kebakaran serta menyampaikan untuk memberikan bantuan untuk pembangunan Shoping Centre kembali.

“Saya mendengar kerugian pedagang ada sekitar 3 M, dan bupati sudah mengambil bagian sebanyak 1 M maka hari ini kita akan memberikan 2 M,” Ungkap Rusli.

Dalam penyampaiannya tersebut, Rusli menyatakan dukungannya kepada Bupati Gorontalo terkait pembangunan kembali shoping centre limboto menjadi pusat pebelanjaan terbesar di Gorontalo, namun menurutnya memerlukan dana yang cukup besar dan waktu yang lama.

Untuk itu Rusli menjanjikan akan membangun kembali shoping center dengan menggunakan dana APBD sebesar 25 Milyar Rupiah.

“Kalau masyarakat ingin shoping center cepat dibangun dan modelnya agak modern sedikit maka kami bisa kerjakan. (Pasar ini) ukurannya 5000 Meter kali 5 Juta permeter, maka anggarannya sekitar 25 Milyar. Kalau 25 Milyar kami dari provinsi bisa bangun tahun depan,” janjinya.

Sementara Rusli kepada korban bencana kebakaran mengucapkan turut berduka atas musibah kebakaran yang telah terjadi, dan mengharapkan agar warga yang tertimpa kebakaran tersebut agar bisa bersabar, semua terjadi karena atas kehendak Allah dan pasti ada hikmahnya. (vit/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.454 views

Next Post

Jaya Suparna : Kemampuan Rizal Ramli tak Diragukan

Sen Mar 5 , 2018
DM1.CO.ID, Jakarta: Perekonomian Indonesia saat ini membutuhkan sosok seorang presiden yang memahami situasi ekonomi serta mampu mengatasi tantangan kesulitan ekonomi. Budayawan, Jaya Suprana menegaskan, Rizal ramli sosok presiden yang akan menumbuhkan ekonomi indonesia menjadi 10 persen. Pernyataan ini Ia sampaikan melalui orasi di acara peluncuran buku “Nalar Politik Rente” karya […]