Ciptakan Rumah Sehat, PKK dan Kades Bonda Raya Siapkan Hadiah dari Dana Pribadi

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: TP-PKK  Desa Bonda Raya, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, menggelar rapat rutin bulanan di Gedung PKM Desa Bonda Raya, Senin (26/2/2020).

Selain membahas perkembangan PKK yang sudah dibentuk secara solid pada 5 tahun terakhir, rapat yang dipimpin langsung oleh Nirmawati Bakari Alim, S.KM selaku Ketua TP-PKK Desa Bonda Raya itu, juga mengevaluasi seluruh  kinerja, serta memperbaharui agenda-agenda yang dinilai sudah mulai tidak sesuai dengan rencana program awal.

Nirmawati pada kesempatan tersebut juga menyatakan, akan melakukan penilaian setiap bulannya dalam merekrut 5 unit rumah sehat sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Nirmawati menyebutkan pentingnya dimunculkan rumah sehat sebagai program PKK dalam hal perwujudan serta bentuk perhatian pemerintah desa. Selain itu, juga sebagai upaya pencegahan stunting, serta rumah layak huni dari segi kesehatan bagi masyarakat.

Menariknya, ada hadiah atau imbalan sebagai bentuk penghargaan kepada yang telah memenuhi kriteria rumah sehat. Dan pemerintah desa, kata Nirmawari, berani merogoh kocek pribadi tanpa melibatkan dana-dana lainnya.

Menurut Nirmawati, program ini dilakukan di setiap bulannya, dengan mewajibkan di setiap pekarangan Rumah Sehat menanam tanaman toga, apotik hidup dan lain sebagainya.

“Rumah sehat bukan hanya karena kerapian dan bersihnya, namun harus bisa menyediakan rempah-rempah sendiri di pekarangan,  agar ada obat alami apabila mengalami gangguan kesehatan di waktu tak terduga. Apalagi memang Desa Bonda Raya cukup jauh dari pelayanan kesehatan daerah, pertolongan pertama itu perlu,” jelas Nirmawati.

Sementara itu, Mohamad Alim selaku Kepala Desa (Kades) Bonda Raya mengakui, dirinya tidak keberatan jika harus merogoh kocek pribadi demi menyukseskan program desa yang sangat besar manfaatnya tersebut.

Menurut Mohamad Alim, kesuksesan desa adalah pula kesuksesannya pula sebagai kepala desa. Dan tidak bisa di pungkiri, bahwa kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan di kalangan masyarakat saat ini masih terbilang kurang.

Olehnya itu, Mohamad Alim mengaku merasa perlu untuk memancing dan memotivasi kepedulian masyarakat itu dengan menyediakan hadiah terhadap masyarakat yang mampu membuat tempat tinggalnya menjadi rumah sehat.

Menurut Mohamad Alim, hadiah-hadiah yang disediakan tak perlu bernilai mahal, yang utama bisa menjadi spirit buat masyarakat tentang pentingnya rumah sehat.

“Memang hadiah tidak bernilai mahal, namun paling tidak masyarakat perlu tahu bahwa Tim Penggerak PKK bersama Pemerintah Desa Bonda Raya punya kesungguhan dan keseriusan yang tinggi dalam menyukseskan program pemerintah, yang tidak lain adalah untuk kebaikan masyarakat itu sendiri,” pungkas Mohamad Alim. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: